Waspadalah, Makanan Ini Penyebab Bau Badan

Komentar

Mengapa kita harus selalu menjaga kebersihan tubuh kita? Biar orang-orang di sekitar kita ngga risih dan nyaman dekat-dekat kita. Tau dong bau yang tidak sedap berasal dari lipatan ketiak. Kemudian bakteri tersebut akan memecah protein sehingga menjadi asam dan menyebabkan tubuh memjadi bau. Bau badan disebabkan oleh bakteri pada ketiak bercampur dengan keringat.

Ini nih ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena menjadi penyebab bau badan di antaranya:

 1. Bawang

Bawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah, karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.

 2. Kunyit
Kunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh kita melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tapi juga bau mulut tak sedap.

 3. Daging Merah
Orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma badan lebih enak, menarik dan lebih sedikit menimbulkan bau tak sedap dibandingkan mereka yang banyak mengonsumsi daging.
 
 4. Makanan Pedas
Makanan pedas meningkatkan suhu tubuh sehingga produksi keringat bertambah banyak. Semakin banyak keringat di kulit, maka bakteri akan semakin betah berlama-lama di sana. Saat bakteri bercampur dengan keringat, bau badan pun akan semakin menyengat.

Dan tentunya ada juga makanan yang dapat menghilangkan atau minimal mengurangi bau badan di antaranya:
 
1. Tomat 
Tomat merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh berbagai macam bakteri, termasuk bakteri bau badan. Bau badan bisa hilang jika Anda sering minum jus tomat. Jus tomat tidak hanya diminum, tapi bisa juga dicampurkan dalam bathtub, sebagai penambah ritual mandi Anda.
    
2. Teh Hijau
Bau badan bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti polusi dan debu. Bau badan karena faktor lingkungan dapat diatasi dengan bahan makanan atau minuman yang mengandung antioksidan, salah satunya teh hijau. Teh hijau juga memiliki aroma khas. Bila rajin meminumnya, maka wangi segar dari teh hijau dapat ikut keluar dari dalam tubuh.

3. Seledri
Daun seledri dapat melawan bau badan. Kandungan seledri dapat melawan racun yang ada di dalam tubuh penyebab bau badan. Jadi, jangan lupa memasukkan seledri dalam makanan sehat kita.
 
4. Jus Rumput
Jenis rumput tertentu dapat dijadikan sebagai minuman. Mungkin kedengarannya aneh, tapi jus rumput sudah banyak dijual di gerai minuman yang ada di mall-mall. Dilansir dari Foodscout, khasiat jus rumput dipercaya dapat mengatasi aroma tidak sedap pada tubuh.
Top