Usia Belum 40 Tahun, Tapi Kok Sudah Banyak Uban? Ini Cara Atasinya

Uban merupakan rambut putih yang tumbuh di kala seseorang sudah mulai tua. Selain usia, uban juga ditimbulkan dari berbagai factor, seperti keturunan, pewarnaan rambut dan penggunaan bahan kimia.



BACA JUGA: Nafsu Makan Meledak Saat Datang Bulan? Jangan Diituruti! Ini Akibat Buruknya..

Umumnya, uban mulai tumbuh mulai umur 40 keatas. Tapi, tak sedikit seseorang yang beruban padahal usia masih kepala 3. Hal itu menandakan jika orang tersebut mengalami penuaan dini pada helai rambut dan kulit kepala.

Dikutip dari kompas, Menurut Whitney Bowe, dermatolog dari New York, AS, uban yang tumbuh pada usia 20-an bisa dikatakan sebagai uban dini. Banyak penyebabnya, terutama dari penggunaan produk pada rambut yang tidak sesuai kondisi.

Selain itu, Bowe juga mengatakan bahwa pemakaian sampo dan kondisioner yang salah selama bertahun-tahun juga menyebabkan kehadiran uban pada usia muda. Bowe menyarankan agar Anda yang mengalami uban dini segera merawatnya dengan produk serta jenis perawatan yang sesuai.

“Jangan mengenakan sampo untuk rambut normal, padahal rambut Anda berminyak atau kering,” ujar Bowe.

Dia juga mengingatkan, jenis rambut bisa berubah-ubah, misalnya berminyak karena sering dikeramas menjadi kering dan sebaliknya. Perawatan spa, serum rambut dan masker cukup baik untuk mengurangi tingkat preventif uban dini ini.

Namun, dia juga menegaskan bahwa semua produk dan perawatan mesti disesuaikan dengan jenis rambut. “Memahami jenis rambut dan melakukan perawatan merupakan pencegahan uban dini paling praktis dan sederhana,” pungkasnya.
loading...
Top