Uang Elektronik Pengganti Uang Kertas di Masa Depan



Kamu mungkin sudah familiar dengan sistem pembayaran online ala Paypal. Sekarang kamu perlu tahu tentang Bitcoin, alat tukar digital yang sedang hip di internet dan diperkirakan akan makin berkembang pesat di masa depan.

Berhubung sebagian besar tutorial tentang Bitcoin di internet hanya ramah bagi mereka yang nerd, disini kami akan menerangkan buat kamu yang merasa masih sedikit awam:

1. Apa bedanya bitcoin dengan sistem pembayaran online yang lain?



Peredaran bitcoin (BTC) nggak diatur oleh server pusat atau bank sentral tertentu. Artinya, alat tukar ini bebas dari intervensi pemerintah atau politisi manapun di dunia, dan “penentu nasib”-nya di masa depan adalah para pengguna bitcoin itu sendiri.

“Uang” bitcoin akan diciptakan otomatis oleh algoritme khusus, dan akan didistribusikan tiap 10 menit dalam sistem “paket” (biasanya bernilai 25 BTC).

Uang yang telah didapatkan seseorang hanya bisa dipakai orang itu sendiri, dan orang itu cuma bisa memakainya sekali.

2. Bagaimana kamu bisa mendapatkan bitcoin?



Ada tiga cara. Sebagian besar pengguna bitcoin mendapatkan “uang” dengan menyediakan jasa secara online.

Jenis jasanya sendiri bisa bermacam-macam: bisa “nerdy” – seperti membuat kode atau program  sampai pekerjaan biasa semacam content writing atau translation. Jenis jasa yang sedang dibutuhkan bisa dilihat di berbagai forum online, seperti Reddit.

Kamu juga bisa membelinya dengan uang rupiah biasa. Untuk situs yang akan melayani pertukaran rupiahmu dengan bitcoin, kamu bisa lihat situs Bitcoin Indonesia.

Cara terakhir adalah dengan “menambang” bitcoin. Intinya, “menambang” adalah berburu paket-paket bitcoin gratis dengan software khusus.

Meskipun kedengarannya gampang, biayanya tinggi dan nggak ada jaminan bahwa kamu bakal beneran bisa dapet “hasil tambang”.

Dulu, kamu masih bisa “menambang” pakai CPU biasa. Sekarang, makin banyak orang yang rebutan jadi penambang dan biar bisa “memenangkan” perebutan ini, kamu harus punya mesin ASIC, yang di Indonesia dijual dengan harga hingga 25 juta rupiah.

Para miners biasanya bekerja dalam grup yang disebut pool. Ini karena Bitcoin didistribusikan dalam paket bernilai besar dan hampir mustahil untuk mendapatkannya dengan menambang sendirian.

3. Apa saja yang bisa kamu beli dengan bitcoin?



Banyak sih, dari segala barang yang dijual di Bitcoin Store (kamera digital, jam tangan, sampai gitar) ke barang aneh-aneh yang dijual di situs-situs black market online macam Silk Road. Kamu juga bisa pakai bitcoin di dunia nyata.

Di beberapa kota di Indonesia, misalnya, kamu bisa membayar hotel, membeli baju di FO, atau makan di restoran dengan bitcoin. Untuk lengkapnya kamu bisa cek di Coinmap.

4. Aku tertarik nyoba bitcoin. Ada nggak hal-hal yang harus kuperhatikan sebelum beneran nyoba?



Kamu harus perhatikan bahwa nilai bitcoin masih bisa berubah drastis dari hari ke hari. Selain karena tidak diregulasi oleh pemerintah, pengguna bitcoin masih sedikit kalau dibandingkan alat tukar konvensional, sehingga penggunaan dengan nilai kecil saja akan bisa mempengaruhi keseluruhan nilainya.

Waktu belum seheboh sekarang, misalnya, 1 BTC cuma dihargai 13 Dolar Amerika. Hari ini, 1 BTC nilainya setara dengan 420 Dolar. Ini tentu masih bisa jatuh atau meroket dengan tiba-tiba.

Perhatikan juga bahwa bitcoin bisa jadi hanyalah tren sementara. Nggak ada yang tahu, bahkan orang-orang yang memprakarsai bitcoin sendiri, bagaimana masa depan alat mata uang digital ini.

Top