Sering Dilakukan, Jangan Sampai Lupa, Ini Doa Akhir Sujud A la Rasulullah!

Komentar

Sebagai seorang muslim, kewajiban beribadah dan berbuat baik adalah nomor satu dan harus dilakukan secara bersungguh-sungguh setiap hari. Salah satu ibadah yang mempunyai nilai terbaik di hadapan Allah SWT ialah menjalankan sholat lima waktu. Sholat sebagai salah satu tiang agama yang menjadi penopang keimanan umat Islam, diharapkan mampu menambah ketaqwaan kepada Allah SWT dan membuat kehidupan orang tersebut menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Baca juga : Debat Ulama dan Atheis, Jawaban Tak Masuk Akal Itu yang Buat Bergetar!

Karena bukan hanya sebagai sholat yang berbentuk ibadah kepada Allah saja, akan tetapi pada setiap gerakan sholat banyak ditemui keistimewaan tersendiri yang luar biasa dampaknya bagi diri sendiri. Salah satunya adalah ketika bersujud. Sebuah keadaan yang membuat dekat seorang hamba dengan penciptanya itulah yang direpresentasikan dengan cara bersujud. Posisi tersebut menunjukan kerendahan seorang hamba yang hanya bisa berpasrah dan berserah kepada Allas SWT.

Hanafiyah tidak menganjurkan berdoa ketika sujud, kecuali pada shalat sunah. Malikiyah dan Syafi’iyah menganjurkannya bahkan secara bebas, sedangkan Hambaliyah ada dua riwayat, bahwa sujud itu hanyalah membaca subhana rabbiyal a’la saja, ada juga yang mengatakan boleh berdoa tetapi dengan doa dan dzikir yang ma’tsur saja bukan doa buatan sendiri.

Rasulullah SAW  memberikan contoh doa yang dibacanya ketika sujud, yakni sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذَنْبِى كُلَّهُ دِقَّهُ وَجِلَّهُ وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرَّهُ

Ya Allah ampnilah dosa-dosaku semua, baik yang halus atau yang jelas, yang awal dan yang akhir, dan yang terang-terangan dan yang tersembunyi.” (HR. Muslim No. 1112)

Kemudian hadist tersebut dijelaskan oleh Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz yang mengatakan bahwa terdapat tiga doa yang jangan dilupakan dalam akhir sujud, ketiga doa tersebut adalah:

Mintalah Diwafatkan Dalam Keadaan Khusnul Khotimah


اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah

Mintalah Agar Kita Diberikan Kesempatan Taubat Sebelum Wafat


اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat


Baca juga : Rasulullah Pernah Membuat Perjanjian dengan Jin? Ini Buktinya!

Mintalah Agar Hati Kita Ditetapkan di Atas Agamanya


اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”.

Alhamdulillah, setelah mengetahui doa ketika sujud terakhir berikut, mudah-mudahan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT, sehingga nantinya kehidupan di dunia dan di akhirat kelak mampu menjadi orang yang baik dan digolongkan ke dalam orang-orang yang beriman.
Top