Pernah Berfikir, Kenapa Bismillah Harus Dibaca Sebelum Melakukan Aktivitas? Ternyata Ini Tujuannya



Kata Bismilllah merupakan kata yang sering kita ucapkan dan bisa dianggap kalimat pendek yang sepela. Tapi tak sedikit dari kita yang mengenal makna dari kalimat Bismillah. Padahal jika kita mengenal kalimat tersebut, maka hati ini akan bergetar kencang.

Biasanya Bismillah kita ucapkan pada saat mengawali sebuah aktivitasnya. Tapi sayangnya banyak diantara kita yang mengucapkannya hanya sebatas di bibir saja, tanpa hati ikut memaknai maksud dari ucapan kita.

Terus Makna dari Bismillah Apa Sih?


Kita pakai rujukan yah, biar nggak dibilang nggak sumbernya. Dalam kitab tafsir Mariful Qur’an, Mufti Shafi Usmani R.A memberikan analisa secara bahasa tentang makna kata Bismillah. Menurut beliau kata Bismillah terdiri dari 3 suku kata, yaitu kata ba, ism, dan Allah.

Kata ba memiliki 3 arti dari bahasa arab:

Menggambarkan kedekatan antara dua benda yang hampir tidak ada jarak diantara keduanya.

Mencari pertolongan dari seseorang atau sesuatu

Mencari berkah dari seseorang atau sesuatu

Sementara itu, kata ism sendiri memiliku arti yang sederhana, yaitu nama. Sedangkan kata Allah merupakan gabungan dari kata Al dan Ilah. Al memiliki arti dalam bahasa arab adalah menunjukkan sesuatu yang khusus dan sedangkan untuk kata Ilah menunjukkan arti sesuatu yang patut untuk disembah. Kata Allah merupakan bentuk tunggal yang tidak mempunyai bentuk dua atau jamak, hal ini menguatkan arti ke-Esaan Allah.

BACA JUGA: Inilah Keutamaan Hikmah Dibalik Keguguran dan Kematian Anak

Tujuan dari Membaca Bismillah


Nah saat kita melakukan awal pekerjaan dengan menyebutkan sebuah nama, maka akan muncul sebuah tindakan yang tentunya bakal melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan agar pekerjaan tersebut dianggap dirinya yang benar-benar telah melakukannya.

Diantara manfaat dari Bismillah adalah bahwa pada kata Bismillah terdapat 4 macam kata, yaitu:

Kalimah Bismi ( بسم )
Kalimah Allahi ( الله )
Kalimah Arrohmani ( الرحمن )
Kalimah Arrohiimi ( الرحيم )
Dosa terdiri dari 4 bagian, yaitu: Dosa waktu malam, dosa waktu siang, dosa secara sembunyi dan dosa secara terang-terangan.

Barangsiapa membaca Bismillah secara tulus dan ikhlas dengan sepenuh hati, Inshaa Allah diampuni segala dosanya. Karena Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Intisari dari Bismillah


Nah kalo begitu kita mulai kenal kan bahwa Bismillah merupakan gambaran betapa besarnya efek dan dampak dari pengucapakan Bismillah dalam mengawali setiap pekerjaan. Dengan mengucapkan kata Bismillah tentunya Allah bakal senantiasa menaungi pekerjaan kita. Nggak cuma itu, Allah juga akan membantu dan menolong, bahkan Allah juga akan mempermudah dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang kita alami.
Top