Minum Air Saat Stres? Terbukti Ampuh Lho!


Sebagai salah satu orang yang hidup di zaman yang serba cepat dan harus menyajikan sesuatu secara rinci dan pastinya detail, oleh karena itulah waktu yang padat menjadi korban hingga membuat tubuh lelah dan pikiran pun akhirnya rancu ke dalam beberapa hal yang harus diurus sekali waktu.

Baca juga : Ini Hal Mengejutkan dari Dokter Saat Lakukan Tes Darah!

Biasanya dengan banyaknya pekerjaan atau kegiataan tertentu, maka stres tak dapat dihindari, hingga akhirnya membuat pening kepala. Mungkin bagi sebagian orang sudah hapal beberapa gejala stres seperti sakit kepala, sulit berkonsentrasi, atau timbul jerawat. Tapi, tahukah kamu bahwa dehidrasi dan stres juga berkaitan?

Kelenjar adrenal (terletak di atas ginjal) memproduksi hormon yang mengatur sistem imun, metabolisme, dan fungsi penting lainnya. Salah satu dari hormon itu adalah kortisol, yang memberi kita energi untuk menghadapi stres atau takut.

stres yang berlangsung lama ternyata juga berpengaruh pada kelelahan di kelenjar adrenal, sehingga organ ini menurun fungsinya. Akibatnya jumlah hormon yang diproduksi berkurang, termasuk aldosterone yang mengatur kadar cairan dan elektrolit di tubuh.

Bila aldosterone yang diproduksi sedikit, maka kadar elektrolit berkurang dan kita pun lebih gampang dehidrasi. Ditambah lagi, dehidrasi akan meningkatkan hormon stres, kortisol.

Peningkatan kadar kortisol sebenarnya tak selalu buruk, namun menjadi masalah jika tubuh kita tidak bereaksi pada stres tersebut. Dalam jangka panjang hal ini bisa menyebabkan berbagai gangguan mental seperti depresi.


Baca juga : Anak Sering Jajan Makanan Ber-MSG? Siap-siap Alami Dampak Ini Mulai Sekarang!

Itu sebabnya, saat merasa sedang stres, tarik napas dan minumlah air. Menambah cairan tubuh bisa mengurangi stres secara cepat. Tapi, jika kondisi ini berulang kali terjadi, mungkin Anda perlu mencari cara lain menghadapi stres, atau bahkan minta bantuan ahli.

Cara lain yang umum dilakukan ketika seseorang mengalami stres adalah dengan menenangkan diri sejenak di sekitar tumbuhan hijau. Bisa juga dengan berolahraga sedikit hingga pening menghilang, serta sisanya adalah dengan istirahat yang cukup dan berikan sugesti pada diri sendiri untuk lebih tenang dan melupakan masalah sejenak untuk diselesaikan satu persatu. So, keep healthy guys!
loading...
Top