Masjid di Indonesia ini Dibangun pada Kedalaman 1.760 Meter


Foto: news.fimaadani.com

Salah satu masjid di Indonesia ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Bukan karena kubah yang terbuat dari emas atau karena bangunannya menjulang tinggi, namun masjid ini berada di kedalaman 1.760 meter di dalam perut bumi.

Dikutip dari satumedia, masjid yang bernama Masjid Baabul Munawwar ini terletak di Papua, tepatnya di area pertambangan PT. Freeport Papua. Meskipun berada dalam perut bumi, area masjid ini terbilang cukup luas karena bisa menampung sebanyak 250 jamaah.

Masjid yang berada di bawah daerah Tembagapura, Timika Papua ini sengaja dibuat bagi karyawan muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat dengan mudah.


Foto: Kompas.com

Dari kabar yang beredar, masjid tersebut baru saja diresmikan pada bulan Juni tahun lalu. Selain tempat ibadah bagi muslim, di sini juga terdapat Gereja Oikumene Soteria untuk beribadah umat Kristen.

Baca Juga: Dilarang Masuk Amerika, Puluhan Penumpang Muslim Shalat di Bandara Dallas AS

Penempatan dua tempat ibadah tersebut sesuai usulan para pekerja sebagai sebuah simbol toleransi.

Masjid ini dibangun oleh arsitek Alexander Mone Arsitek dari Bina Nusantara. Sementara Andrew Parhusip, yang mengerjakan strukturnya. Ia merupakan lulusan ITB.

Karena letak bangunan peribadatan tersebut berada di perut bumi, maka dipasang juga alat untuk menyedot udara kotor keluar menuju permukaan. Dengan begitu suasana di dalam tetap nyaman. [
Top