Hati-hati Saat Berbagi Make Up Dengan Teman

Komentar

Wanita adalah makhluk yang selalu ingin terlihat dan tampil cantik. Itulah sebabnya kebanyakan wanita senang sekali menggunakan makeup yang berfungsi untuk menunjang kecantikan wajah.

Ketika sedang berdandan ria, tak jarang wanita suka berbagi makeup. Baik itu eyeshadow, bedak, ataupun lipstik. Selain makeup, wanita juga sering bertukar alat makeup seperti kuas hingga cukuran. Dan ladies, tahukah kamu bahwa kebiasaan sederhana ini ternyata bisa mengundang penyakit?  

1. Sariawan
Sariawan atau gangguan oral lainnya sangat mudah untuk ditularkan melalui lipstik yang dipakai secara bergantian. Sebabnya, kamu tidak tahu jenis bakteri apa yang tertinggal di mulut temanmu. Ketika sistem kekebalan tubuhmu sedang menurun, kamu pun mudah untuk terkena infeksi di mulut yang jadi penyebab sariawan.

2. Demam
Tahukah kamu bahwa kamu bisa mengalami demam akibat pemakaian makeup atau alat makeup secara bergantian? Contohnya adalah seperti pemakaian roller ball yang kemudian menjadi media bertukarnya bakteri dari wajah seseorang ke wajahmu yang bisa membuatmu demam.

3. Iritasi mata 
Iritasi mata merupakan salah satu bahaya akibat memakai makeup bergantian. Risiko untuk tertular iritasi mata ini cukup tinggi ketika kamu bertukar eyeshadow, eyeliner, maskara, atau makeup mata lainnya. Iritasi mata yang terjadi biasanya adalah konjungtivitis atau mata memerah.

4. Infeksi Bakteri
Bertukar eyeshadow dan bulu mata palsu bisa membuat risiko untuk tertukar infeksi bakteri meningkat. Bakteri dan virus yang sembunyi di bulu mata palsu akan masuk ke dalam pori-pori kulitmu yang kemudian membuatmu terkena infeksi bakteri hingga infeksi ragi.

5. Jerawat
Munculnya jerawat di kulit wajah adalah salah satu efek buruk dari kebiasaan bertukar makeup dan alat makeup. Terutama jika berkaitan dengan spons yang digunakan secara bergantian sebab spons yang lembab menyimpan bakteri yang bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

6. Kuku Berjamur
Kamu sering bertukar gunting kuku dengan temanmu? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Sebab memakai gunting kuku secara bergantian akan membuat bakteri kuku berpindah yang jika tertinggal di kukumu bisa menyebabkan kuku jadi jamuran.

Bertukar makeup sama dengan kamu bertukar sel kulit mati yang tertinggal di wajah yang membuat kulit wajah jadi rentan terkena infeksi.

Nah, apakah kamu masih memiliki kebiasaan untuk bertukar makeup atau alat makeup? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut agar kesehatan tubuhmu tidak terancam.
Top