Hanya di Kota Ini, Ternyata Tradisi Unik Cewek Lamar Cowok

Komentar
Prosesi lamaran pada umumnya dilakukan oleh calon mempelai pria yang datang berkunjung ke rumah calon mempelai wanita. Namun tradisi umum ini tidak berlaku untuk beberapa kota di pulau Jawa ini, calon mempelai wanita lah yang terlebih dahulu melamar calon mempelai pria.



Tradisi unik ini bahkan dipercaya sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu yang di angkat dari berbagai kisah leluhur. Nah, bagi kamu pria-pria jomblo yang belum laku, coba aja keberuntungan kamu di 3 kota berikut ini, siapa tahu kamu langsung ketemu dan cocok. Berikut daftar nya


1. Lamongan, Jawa Timur




Di wilayah pesisir Lamongan yang biasanya memiliki suhu cuaca panas memiliki sebuah tradisi yang sangat unik dalam lamaran. Calon mempelai wanita bersama pihak keluarganya akan datang terlebih dahulu ke rumah calon mempelai pria.

Seperti yang dilansir dari merdeka biasanya pihak wanita akan membawa seserahan yang nilainya mencapai jutaan rupiah (bagi yang mampu). Namun  ada juga yang cuma membawa beberapa perlengkapan si mempelai pria dari ujung kaki hingga ujung rambut, dan tak lupa cincin pernikahan. Biasanya setelah itu, beberapa hari ke depan, pihak pria bersama keluarganya akan balik mengunjungi rumah sang wanita.

BACA JUGA: Setelah Resmi Menikah, Wanita Ini Dicium Suaminya Sendiri Lihat yang Dilakukan Bikin Nyesek!

Kebiasaan wanita melamar laki-laki konon telah berlangsung turun temurun mulai sejak saat pemerintahan Raden Panji Puspokusumo, penguasa Lamongan pada 1640 – 1665. Panji Puspokusumo sendiri terdaftar juga sebagai keturunan ke-14 Prabu Hayam Wuruk, penguasa Majapahit.

2. Trenggalek, Jawa Timur




Tradisi unik ini serupa tapi tak sama, hal serupanya lamaran dilakukan pihak wanita nya melamar terlebih dahulu pihak wanita, namun hal ini dilakukan oleh sesepuhnya terlebih dahulu.

Di Trenggalek biasanya sesepuh dan orang tua dari keduabelah pihak akan melakukan pertemuan terlebih dahulu. dan biasanya  dari pihak wanita akan datang terlebih dahulu ke rumah pihak pria.

Tradisi lamaran unik di Trenggalek ini konon berasal dari dongeng Ande-Ande Lumut. Bagi mayoritas warga Trenggalek, tradisi semacam ini sudah mendarah daging dan tidak ada maksud untuk merendahkan keluarga dari pihak wanita.

3. Rembang, Jawa Tengah




Di kota Rembang, Jawa tengah juga ada tradisi unik lamaran yang serupa, namun bedanya sang wanita harus datang sendiri ke rumah pria. Sang wanita harus berani datang sendiri ke rumah sang pria tanpa ditemani orang tua dan keluarga terlebih dahulu.

BACA JUGA: Pasti Sering Dilupakan Suami, Inilah 5 Peran Istri yang Mampu Memikat Hati Suami

Tradisi ini dikenal dengan nama Ngemblok. Tradisi unik ini sengaja dilakukan karena bagi masyarakat Rembang, pria digambarkan sebagai sosok yang kuat,bisa diandalkan, dan calon pemimpin keluarga.
Top