Curhat Sama Allah Yuk! Ketahui Waktu Dikabulkannya Doa Pada Hari Jum'at


Setiap hari adalah hari yang selalu penuh dengan keutamaan dan keberkahannya sendiri. Namun ada satu hari dalam seminggu yang dimuliakan dalam Islam. Hari Jumat adalah hari penuh keutamaan dan keberkahan. Dihari Jumat jugalah banyak peristiwa penting terjadi dalam Islam.

Baca juga : Pernah Berpikir Air Laut Asin? Beginilah Jika Samudera Menjadi Tawar

Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i).

Dalam kemulian hari Jumat tersebut, terdapat adab-adab yang dapat dilakukan oleh seorang muslim untuk memperoleh keberkahannya. Salah satunya adalah dengan memanjatkan doa yang baik di hari tersebut.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda,

Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat suatu jam (waktu) tertentu, tidaklah seorang muslim mendapati waktu tersebut dan berdoa kepada Allah memohon kebaikan, melainkan Allah akan memenuhi permohonannya.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lalu bersabda, “Waktu tersebut hanya sebentar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pendapat paling kuat yang disepakati para ulama dalam waktu terbaik untuk berdoa di hari jumat tersebut adalah pada waktu satu jam setelah shalat ashar dan menjelang shalat maghrib sebelum tenggelamnya matahari.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
Carilah satu jam yang diharapkan pada hari Jum’at pada waktu setelah shalat Ashar sampai waktu terbenamnya matahari!.” (HR. Tirmidzi).


Baca juga : Jangan Pernah Merasa Sendiri! CCTV Hebat Milik Allah Selalu Memantaumu

Dari Jabir bin Abdullah dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda:
Hari Jum’at terdiri dari dua belas jam. Tidak ada seorang muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah (pada suatu jam tertentu), melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah jam terkabulnya doa tersebut pada satu jam terakhir setelah shalat Ashar!” (HR. Abu Daud).

Dari kedua hadits tersebut menjelaskan bahwa pada pertengahan waktu ashar menuju maghrib adalah waktu mustajabnya untuk berdoa di hari jumat.
loading...
Top
loading...