Cegah Anemia dengan Kurma? Begini Cara Mengolahnya!


Buah kurma merupakan buah manis yang berasal dari negara timur tengah. Selain lezat karena rasanya yang manis, buah kurma juga terkenal akan kandungannya. Kurma juga merupakan salah satu buah yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan buah yang satu ini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Karena memang kurma memiliki banyak keutamaan jika dikonsumsi.

Baca juga : Bagaimana dalam Islam Tentang Sang Suami yang Minum Air Susu Istri?

Di antara buah-buah yang lain, Allah SWT melebihkan khasiat dari kurma ini. Allah SWT juga telah menetapkan bahwasanya pohon kurma ada di bumi, kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri-ciri pohon dan buah ini. Allah SWT berfirman,

وَفِي اْلأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي اْلأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. kami melebihkan sebagian tanam-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir,” (QS. Ar-Ra’du: 4).

Di samping itu, kurma mempunyai kandungan mineral yang tinggi yang berguna untuk memperbaiki kesehatan tubuh yang terganggu. Selain itu, buah ini kaya akan zat besi yang akan memerangi anemia.


Baca juga : Jangan Sampai Terjadi, Ternyata Mertua Juga Bisa Sebabkan Perceraian Lho!

Kurma menjadi salah satu makanan diet bagi penderita Anemia yang aman dikonsumsi meski memiliki kalori yang tinggi. Zat besi inilah yang mengganti kekurangan zat besi yang terkandung dalam darah.

Caranya cukup sederhana. Siapkan kurma dan susu. Rendam dua biji kurma dalam secangkir susu sapi matang semalaman. Keesokan harinya, saat baru bangun tidur dan perut masih kosong, segera makan kurma dan minum susunya. Cara sederhana ini jika dilakukan secara rutin akan mampu mengobati dan mencegah tubuh mengalami anemia.
loading...
Top