Belum Sempat Pergi ke Tanah Suci? Coba Amalan Serupa Haji Ini Yuk!


Siapa yang tak ingin melaksanakan ibadah haji? Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun islam yang harus dipenuhi oleh seorang muslim. Namun dalam ibadah yang satu ini Allah SWT memberikan pengecualian hanya bagi yang mampu melaksanakannya. Tak hanya segi finansial, mampu disini juga berkenaan dengan hal fisik dan juga kesiapan untuk beribadah ke tanah suci itu.

Baca juga : Wahai Pria, Bagimu Mana yang Lebih Baik, Sholat Berjamaah atau Sendiri?

Bagi Anda yang mungkin belum mampu untuk menjalankan ibadah haji tersebut, janganlah berkecil hati. Ternyata ada beberapa amalan yang mungkin terlihat sederhana, namun ternyata memberikan pahala yang serupa dengan mereka yang melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah. Inilah amalan sederhana yang sama dengan pahala ibadah haji ke Tanah Suci bagi yang melakukannya.

1. Shalat Subuh Berjamaah dan Berdzikir Hingga Matahari Terbit


Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir memuji Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka dia mendapatkan pahala haji dan umrah. Lalu Nabi Saw. menegaskan: Sempurna..sempurna..sempurna.” (HR. Turmudzi).

2. Istiqomah Shalat Berjamaah


Barangsiapa yang keluar dari rumahnya untuk shalat jamaah dalam keadaan bersuci, maka pahalanya seperti pahala orang berhaji dalam keadaan ihram. Dan ‎barangsiapa beranjak untuk melakukan shalat Dhuha dan tidak ada yang ‎menyebabkan dia keluar (dari rumahnya) kecuali untuk shalat Dhuha maka ‎pahalanya seperti pahala orang yang umrah. Dan shalat setelah melaksanakan ‎shalat yang di antara kedua shalat tersebut tidak membicarakan masalah dunia, ‎adalah amalan yang akan dicatat di illiyiin‎.‎(HR. Abu Daud).


Baca juga : Curhat Sama Allah Yuk! Ketahui Waktu Dikabulkannya Doa Pada Hari Jum'at

3. Menuntut Ilmu di Masjid pada Sore Hari


Siapa yang berangkat ke masjid di pagi hari, tidak memiliki tujuan apapun selain untuk belajar agama atau mengajarkannya, maka dia mendapatkan pahala orang yang melakukan umrah sempurna umrahnya. Dan siapa yang berangkat ke masjid sore hari, tak memiliki tujuan apapun selain untuk belajar agama atau mengajarkannya, maka dia mendapatkan pahala orang yang berhaji sempurna hajinya.” (HR. Hakim).

Itulah amalan sederhana yang dapat dilakukan sehari-harinya, dengan amalan itulah kita hendaknya mampu mengoptimalkannya sebagai salah satu sarana ibadah lebih dekat dengan-Nya. Bonusnya, keutaman amalan tersebut akan mengantarkan Anda selayaknya pahala beribadah haji.

Bukan berarti ibadah haji tak penting lagi. Apabila sudah mendapatkan rezeki dan diperkenankan oleh Allah SWT mengunjungui baitullah, maka segerakanlah untuk melaksanakan haji dan umrah.
Top