Virus Baru Menyebar Di Aplikasi WhatsApp! Waspada, Jangan Asal Buka Tautan


Siapa yang tak mengenal aplikasi berlogo hijau dengan icon telepon di tengahnya? Ya, betul sekali. Aplikasi WhatsApp memang telah menjadi bagian dari aplikasi ponsel pintar yang cukup digandrungi karena kesederhanaan penggunaannya, serta fitur yang cukup lengkap dan mudah. Menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling terkenal di dunia smartphone hingga saat ini, membuat WhatsApp atau WA masuk dalam jajaran download utama saat membeli gadget baru.

Baca juga : Kabar Gembira Bagi Para Otaku, Ariana Grande Bakal Muncul dalam Game "Final Fantasy"!

Tak heran jika aplikasi ini sudah pasti ada pada setiap perangkat smartphone. Semakin berkembangnya teknologi, semakin tak menutup kemungkinan juga jika WhatsApp mulai sedikit demi sedikit disusupi virus. Lebih baik kalian waspada mulai saat ini. Virus bukan hanya ada pada perangkat PC yang memang sudah marak berkeliaran virus, namun aplikasi ponselmu juga mungkin saja tak akan luput dari virus tertentu.

Modus baru mulai terlihat dengan munculnya pesan berantai dari kerabat atau teman kalian yang sering membagikan sebuah pesan dengan berisi tautan di dalamnya. Menurut IB Times India, ada 2 jenis virus baru mulai disebarkan via WhatsApp. Parahnya lagi, virus tersebut mampu mencuri informasi milik pengguna yang tersimpan di dalam ponsel. Uniknya lagi, virus tersebut menyebar dengan membawa nama organisasi terkemuka seperti NDA (National Defence Academy) dan masih banyak lagi. Tentu saja hal ini digunakan untuk mengelabui pengguna aplikasi tersebut.

Baca juga : Pengguna Jalan Wajib Tahu! Inilah yang Akan Terjadi Jika Pakai Pelat dengan Nomor "Cantik"

Jika memang pengguna membuka tautan yang dilampirkan, sejak saat itu pula lah segala informasi pribadi termasuk informasi data, password, hingga perbankan bisa diakses. Tentu saja ada potensi informasi kalian bakal disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab nantinya. Parahnya lagi, dari laporan yang beredar menyebutkan bahwa virus ini dibuat mirip seperti format Microsoft Excel, Microsoft Word, dan bahkan PDF. Sungguh mengerikan bukan?

Meskipun hal ini terjadi di India, bukan berarti kalian sebagai pengguna WA bisa bernafas lega. Tetap waspada dan jika mendapati pesan berantai, jangan dibuka dan langsung hapus. Abaikan jika memang dirasa bukan kepentingan kalian, dan selamatkan data pribadi sendiri.
loading...
Top