Usir Kolesterol dengan Konsumsi Jeruk Nipis


Ilustrasi jeruk nipis

Banyak sekali terapi untuk menurunkan kolesterol, baik berupa obat-obatan ataupun makanan dan minuman yang menjanjikan untuk dapat menurunkan kolesterol. Jeruk nipis adalah salah satunya.

Kolesterol tinggi tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah berumur, tapi remaja pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang semakin buruk, misalnya terlalu banyak duduk di depan komputer yang tidak diimbangi dengan olahraga teratur.

Banyak sekali terapi untuk menurunkan kolesterol, baik berupa obat-obatan ataupun makanan dan minuman yang menjanjikan untuk dapat menurunkan kolesterol. Dari berbagai macam terapi untuk mengatasi kolesterol tinggi, kali ini yang akan dibahas adalah jeruk nipis.

Dikutip dari klikdokter, jus jeruk nipis mengandung senyawa yang disebut limonin glukosida. Zat yang ditemukan dalam banyak buah jeruk ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol buruk.

Baca Juga: Ini Tanda-tanda Wanita Saat Masa Subur yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Limonin diyakini berlangsung lebih lama di tubuh dibandingkan beberapa jenis senyawa alami lain. Untuk sebagian orang, limonin dapat berada dalam aliran darah hingga 24 jam. Berarti, sifat penurun kolesterol dari limonin bisa tersedia dalam tubuh untuk waktu yang lama, sehingga Anda tidak perlu terus-menerus mengonsumsi dalam porsi yang berlebihan.

Jeruk nipis juga mempunyai manfaat untuk memenuhi jumlah vitamin C dalam tubuh. Satu cangkir jus jeruk nipis mengandung 94 miligram vitamin C, di mana jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa. Vitamin C dapat membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Perubahan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Sebagai catatan, vitamin C adalah jenis mikronutrien yang dikenal sebagai vitamin larut dalam air. Tubuh Anda tidak menyimpan vitamin C dan harus diambil melalui makanan atau minuman yang Anda konsumsi.
loading...
Top