Sebenarnya, Pekerjaan Terbaik Itu seperti Apa?



Semua orang memimpikan memiliki pekerjaan terbaik dan pekerjaan idaman. Namun, apa sebenarnya pengertian pekerjaan terbaik?

Umumnya, banyak karyawan memimpikan memiliki pekerjaan dengan penghasilan besar, sering dinas luar negeri, dan punya jabatan strategis. Tiga kriteria ini kerap kali dianggap sebagai pengukur kualitas pekerjaan terbaik.

Miriam Salpeter, seorang pendiri Keppie Careers, situs konsultasi karier dan mencari pekerjaan, mengatakan bahwa seseorang memiliki karier terbaik ketika kemampuan dan potensi mereka bermanfaat untuk sebuah perusahaan serta orang banyak.

Minat dan hasrat, kata Salpeter, memang merupakan kualifikasi penting dalam pekerjaan. Sebab, kinerja terbaik tidak akan terwujud tanpa ada dorongan minat dan ketertarikan.

Namun, tidak berarti minat itu selalu menjadi tolok ukur dalam mendefinisikan pekerjaan terbaik.

Kathryn Minshew, CEO dari situs The Muse, portal informasi lowongan kerja dan bimbingan karier, mengatakan bahwa pekerjaan menjadi yang terbaik ketika mendatangkan kebahagiaan pada karyawan yang bersangkutan.

“Jangan terlalu menganggap semuanya begitu serius. Terlalu sering berlebihan dalam berpikir juga tidak bagus,” ujar Minshew.

Menurut Minshew, banyak orang yang memulai karier dari pekerjaan yang tidak mereka suka atau mengawali karier dari setapak yang berbeda dengan tujuan semula.

“Perkembangan dalam sisi profesional tidak selalu linear. Namun, rasa percaya diri, kerja keras, dan dedikasi akan membawa Anda pada pekerjaan impian dan terbaik versi Anda,” ujarnya.

Sebuah pekerjaan, kata Minshew, menjadi yang terbaik ketika hal tersebut membuat hidup karyawan baik secara profesional, dan secara personal mengalami peningkatan, mulai dari penghasilan, rasa bahagia, dan kualitas hidup lainnya.  
Top