Salah Kaprah, Jambu Biji dan Cabai Bukan Pemicu Usus Buntu, Simak Penjelasan Ini!

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 17 Jan 2017

Salah Kaprah, Jambu Biji dan Cabai Bukan Pemicu Usus Buntu, Simak Penjelasan Ini!

Banyak orang yang mengira terlalu sering makan pedas disebut dapat menyebabkan radang usus buntu karena biji cabainya. Begitu pula dengan makan jambu biji.

Namun, kebanyakan kasus radang usus buntu yang ditemui ternyata bukan karena sering makan cabai maupun jambu biji.

Dokter spesialis gizi klinik Inge Permadhi mengungkapkan, radang usus buntu justru bisa dipicu karena kurang minum atau tubuh kekurangan cairan.

BACA JUGA : Gunakan Kentang, Untuk Cerahkan Ketiak Secara Permanen

Dikutip dari TribunNews, Inge menjelaskan "Penyebab usus buntu kalau diperiksa ternyata bukan ada biji cabai yang masuk, tapi sering karena ada feses, kotoran yang hitam, yang kering, masuk ke usus buntu".

Inge menerangkan, meski sudah banyak makan serat, tetapi jika kurang minum, tetap tak bisa mendorong sisa makanan ke luar dari tubuh.

Di dalam usus, serat berbentuk menggumpal sehingga butuh cairan untuk mengembang kemudian memicu buang air besar. Konsumsi banyak serat tanpa asupan cairan yang cukup justru bisa menyebabkan kotoran menumpuk.

Akhirnya terjadinya sembelit atau buang air besar yang tidak lancar. Sisa kotoran yang tidak terbuang dari tubuh pun bisa terjebak di usus buntu yang lama-kelamaan bisa mengeras dan menghalangi akses ke usus buntu.

Hal inilah yang bisa memicu peradangan di usus buntu. Inge pun mengingatkan pentingnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dalam sehari, setidaknya konsumsi 8 gelas air putih untuk menjaga hidrasi tubuh.
SHARE ARTIKEL