Punya Lubang Kecil di Bagian Telinga Atas? Simak Hal Ini dan Jangan Sampai Infeksi!

Komentar

Jika telah membaca judul dari artikel berikut ini, sekarang coba lihat ke depan cermin, bagaimana telingamu? Apakah ada lubang kecil di bagian ats telinga kalian? Fenomena tentang lubang kecil di telinga ini memang belum banyak yang mengetahuinya. Aplagi jika memang mempunyai lubang tersebut, mereka akan berdalih bahwa itu tanda lahir dan tak ada kaitannya dengan hal apapun.

Baca juga : Tubuh Kurus Tapi Perut Kok Masih Buncit? Hindari 5 Makanan Ini Jika Enggan Melihat Perut Bergelambir!

Akan tetapi tunggu sebentar. Memang beberapa orang terlahir dengan lubang kecil yang jarang dilihat. Akan tetapi, jika diperhatikan secara betul, akan nampak tanda tersebut yang dikenal dengan nama preauricular sinus. Di Inggris, orang yang memiliki lubang ini hanya berjumlah di bawah 1% dari populasi. Sedangkan di Amerika jumlahnya jauh lebih sedikit. Namun ternyata, di benu Asia dan beberapa negara Afrika, yang mempunyai tanda seperti ini malah berkisar dari 4-10% lho!

Malformasi ini bisa terjadi di sekitar telinga luar, biasanya berupa bintil, lekukan atau lesung. Khususnya di bagian tulang rawan dan wajah bertemu. Preauricular sinus sebenarnya adalah cacat keturunan sejak lahir yang pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Hausinger pada 1864. Beliau menemukan bahwa ada sekitar 50% orang yang mempunyai lubang ini di kedua telinga mereka, dan beberapa hanya ditemukan pada satu sisi.

Seorang ahli biologi evolusi, Neil Shubin, mengatakan bahwa lubang ini bisa jadi adalah "sisa-sisa evolusi dari insang ikan."

Neil Shubin

Baca juga : Sudah Pernah Melihat Bingkisan Dari Tuhan? Inilah Tumbuhan yang Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit!

Karena manusia terus berevolusi, sehingga membuat beberapa tanda yang terlihat dari sisa-sisa perubahan yang dialami oleh manusia tersebut. Tapi, tenang saja, jika kalian memiliki lubang ini, tidak ada hal yang harus dikhawatirkan. Preauricular sinus bisa terkait dengan suatu hal, tapi cenderung tak menimbulkan masalah.

Meskipun begitu, kalian harus berhati-hati. Lubang rentan terkena infeksi, dimana bisa diobati dengan antibiotik. Namun, terkadang operasi diperlukan untuk menghilangkan sinus ini. Sedikit informasi, jika kamu memiliki preauricular sinus, anggap saja lubang tersebut adalah lubang piercing.

Tapi, jangan coba-coba memasang anting di daerah tersebut ya!
Top