Nikah Sederhana? Kenapa Tidak! Ini yang Dilakukan Pertama Kali

Komentar
Karena dilakukan sekali dalam seumur hidup, banyak yang memilih untuk menikah dengan heboh dan besar-besaran. Namun bagaimana dengan yang memiliki dana pas-pasan? Ya nikah sederhana solusinya.



Padahal dengan menkah secara sederhana juga dapat menghemat pengeluaran, sehingga dana yang harusnya dihgunakan menikah dapat kita simpan untuk keperluan lain. Tak sulit kok melakukan nikah dengan cara sederhana. Perhatikan saja tips berikut ini seperti yang dikutip dari insprdata.

1. Tempat. Adakan acara pernikahan di rumah atau aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Selain lebih murah, tidak ada batasan waktu dan persyaratan lainnya.

2. Tamu. Hitung ulang jumlah tamu, karena hal ini mempengaruhi biaya makanan. Tamu yang cukup dekat dengan calon mempelai dan keluarga bisa diundang.

3. Katering. Minta tolong dengan saudara ataupun tetangga yang ahli memasak untuk jasa katering di rumah dan menyewa peralatan makan dari jasa tenda bisa lebih murah.

4. Acara. Gabungkan prosesi akad nikah dengan resepsi dalam satu hari. Dengan cara ini Anda bisa melakukan penghematan dari sisi tata rias dan katering.

5. Undangan. Jangan membuat kartu undangan dari bahan yang mahal, mengingat bahwa kartu tersebut tidak akan digunakan lagi. Untuk teman dekat bisa menggunakan email atau telepon, dengan begitu dapat menghemat pembuatan kartu undangan.

6. Souvenir. Membeli souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.

7. Baju Pengantin. Sebaiknya untuk pakaian pengantin bisa menyewa lengkap dengan aksesorisnya, dibandingkan dengan menjahit sendiri perlu ada ongkos membeli bahan dan jahitnya, lagipula pakaian pengantin hanya satu kali pakai.

8. Panitia. Minta teman atau kerabat Anda untuk membantu keperluan pernikahan. Misalnya saja untuk dokumentasi foto atau video, dekorasi, membuat undangan bahkan rias pengantin. Kerahkan dan bagi tugas kepanitiaan di lingkungan keluarga dan saudara dekat, dengan ini Anda tidak perlu khawatir dengan jalannya acara pernikahan, karena sudah ada yang bertanggung jawab.

Nah.. tak sulit kan. Karena pengeluaran sedikit, kamu bisa menggunakan uang sisanya untuk kebutuhan lain, misalnya bangun rumah, buka usaha atau berbulan madu bersama. Tertarik untuk menikah dengan cara ini?
Top