Inilah yang Pertama Kali Dilakukan Nabi Ketika Masuk Rumah


Setiap perilaku Rosulullah merupakan sunnah Rosul yang baik untuk ditiru karena di dalamnya terkandung manfaat bagi setiap manusia. Setiap umat muslim selalu ingin mengetahui apa yang akan dilakukan Rosulullah sebelum masuk ke dalam rumah setelah bepergian, apakah langsung mendatangi istri, anak-anak, atau melakukan hal lainnya. Berdasarkan keterangan Ummu Aisyah yang diriwatkan dari Imam Muslim ternyata sebelum Rosulullah memasuki rumah beliau terlebih dahulu bersiwak untuk menghilangkan bau mulut sebelum bertemu dengan keluarganya. Inilah yang Pertama Kali Dilakukan Nabi Ketika Masuk Rumah.

Bersiwak merupakan salah satu sunnah Rosul yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sehingga dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, Rosulullah ingin mewajibkan kepada umatnya untuk bersiwak sebelum sholat jika bersiwak tidak memberatkan mereka.

Bersiwak merupakan kegiatan membersihkan mulut dengan menggunakan kayu siwak yaitu kayu dari pohon peelu. Banyak sekali keutamaan bersiwak sehingga Rosulullah selalu bersiwak sebelum masuk ke dalam rumah dan sebelum menunaikan sholat.

Bagaimana cara Rosulullah bersiwak? Berikut adalah cara bersiwak Rasulullah SAW:

- Sebelum bersiwak Rosulullah selalu berdoa.
- Memegang siwak dengan menggunakan tangan kanan.
- Bersiwak dengan gerakan memutar seperti angka delapan yaitu dimulai dari bagian gigi tengah atas.
- Gerakan bersiwak dilakukan 3 kali hingga bersih.
- Setelah selesai bersiwak mengucapkan hamdalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Rosulullah tidak hanya bersiwak saat akan memasuki rumah saja tetapi juga bersiwak dalam waktu-waktu tertentu yaitu sebelum berwudhu, ketika hendak sholat, bangun tidur, saat berpuasa, dan sebelum membaca Al-Quran.

Ada beberapa hal cara bersiwak menurut sunnah Nabi yang dapat menjadi pelajaran bagi setiap muslim yaitu:

- Rosululllah selalu mencuci siwak terlebih dahulu dengan air bersih sebelum menggunakannya, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kayu siwak.

- Rosulullah memperbaiki siwak terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

- Menggunakan siwak orang lain diperbolehkan selama siwak tersebut dibersihkan terlebih dahulu.

- Bersiwak dengan sungguh-sungguh.

- Bersiwak boleh dilakukan dihadapan orang lain tanpa harus sembunyi-sembunyi.

Manfaat yang dapat diperoleh dari bersiwak yaitu mulut dan gigi bersih serta terbebas dari bau mulut, selain itu bersiwak juga merupakan sunnah Rosul sehingga jika dilaksanakan akan mendapat pahala dan ridha Allah SWT. Bersiwak memang bukan perintah dari Allah SWT tetapi Rosulullah memberikan contoh menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan perilaku yaitu bersiwak.

Bau mulut tidak sedap merupakan hal yang dapat menjadikan orang lain tidak nyaman berada di dekat kita sehingga otomatis orang lain akan menjauh. Selain itu, bau mulut juga dapat menurunkan rasa percaya diri sehingga Rosulullah memberikan contoh untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut untuk menghilangkan bau mulut dengan bersiwak setiap saat.

Bersiwak merupakan sunnah Rosul yang sangat ringan dan mudah untuk dilaksanakan serta dapat membentuk karakter seorang muslim untuk menjaga kebersihan diri terutama kebersihan gigi dan mulut karena mulut merupakan media untuk menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain.

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita melaksanakan sunnah Rosul ini yaitu bersiwak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, jika perlu periksakan gigi secara rutin 6 bulan sekali untuk mencegah terjadinya gigi berlubang atau masalah gigi lainnya.
Top