Cara Instan Bikin Ruang Keluarga Terasa Lebih Lapang

Penulis Penulis | Ditayangkan 24 Jan 2017
Cara Instan Bikin Ruang Keluarga Terasa Lebih Lapang

Ruang keluarga, sesuai namanya, adalah ruangan dimana semua anggota keluarga sering menggunakan untuk berkumpul dan bercengkrama juga bisa disebut sebagai ruang keluarga.

Jika Anda ingin meng-upgrade tampilan ruang keluarga dengan menambahkan dekorasi, maka harus bisa mengakomodasi kebutuhan dan juga selera dari seluruh anggota keluarga.

Simak tips berikut dari rumah.com dalam membuat perubahan ruang keluarga dengan cepat dan mudah.

1. Berikan Warna Baru

Tambah atau ubah warna dinding di ruang keluarga. Ruangan yang digunakan keluarga biasanya memiliki banyak aktifitas, direkomendasikan untuk menggunakan warna-warna yang tenang seperti biru, hijau dan warna netral lain.

BACA JUGA : 6 Trik Jitu Menjaga Sholat Lima Waktu, Kamu Wajib Coba!

Namun, bila Anda ingin menambahkan energi di ruangan tersebut gunakan warna kuning, terra cotta atau hijau lemon. Mengecat rumah merupakan salah satu cara yang mudah dalam mentransformasi ruangan.

2. Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Ruang keluarga tidak seperti kamar mandi atau kamar tidur yang membutuhkan banyak privasi. Pinggirkan semua tirai dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan tersebut, hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Selain itu, sinar matahari juga akan membuat mood seluruh anggota keluarga menjadi lebih baik.  Cukup gunakan tirai hanya di malam hari agar orang di luar rumah tidak dapat melihat ke dalam ruangan.

Jika ingin mempercantik jendela rumah tidak perlu menggunakan tirai, Anda bisa menggunakan wallpaper untuk membingkai jendela.

3. Ciptakan Beberapa Fungsi di Dalam Satu Ruangan

Sebagai keluarga, masing-masing orang memiliki kesenangan yang berbeda-beda. Tidak perlu membeli perabotan baru. Anda hanya akan membutuhkan kreativitas dalam menata ulang perabotan yang ada di ruangan.

BACA JUGA : Kalau 8 Kalimat Ini Pernah Diucapkan Dia, Tandanya Cowokmu Calon Suami Siaga Nantinya

Siapkan menyiapkan meja kecil sebagai tempat bermain untuk anak-anak, letakkan sebuah kursi lama sebagai tempat untuk membaca dan juga siapkan sofa agar acara nonton bersama keluarga menjadi lebih nyaman.

4. Berikan Dekorasi Personal

Berikan aksesoris yang personal di dalam ruang keluarga. Anda tidak harus memasang sebuah foto keluarga dengan bingkai yang besar. Cukup cetak foto masing-masing anggota keluarga dengan warna hitam putih kemudian bingkai dan gantungkan dalm satu dinding.

Termasuk saat-saat spesial seperti pernikahan, kelulusan, resep rahasia keluarga atau bahkan hasil karya anak-anak.

Anda juga bisa menyimpan beberapa foto di dalam sebuah keranjang. Biasanya anak-anak yang lebih kecil senang melihat satu persatu foto tersebut.

5. Aksesoris yang Memberikan Kenyamanan

Terakhir, berikan kenyamanan di dalam ruangan dimana semua anggota keluarga menikmati waktu bersama.

Anda bisa menjahit sarung bantal menggunakan baju lama atau baju hangat. Lukis beberapa kata motivasi dan bingkai.

Siapkan juga beberapa selimut hangat agar anak-anak bisa bercengkrama bersama di malam hari.

Kebanyakan rumah baru membuat ruang tengah yang menyambung dengan ruang makan tanpa sekat.
SHARE ARTIKEL