Cara Cepat Kembalikan Semangat dan Energi Setelah Sakit

Komentar

ilustrasi sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi.

Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit dilansir klikdokter:

1. Sayur dan buah-buahan

Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale.

Baca Juga: Cara Tokcer Hubungan Suami Istri Agar Cepat Hamil

2. Protein

Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu.

3. Probiotik

Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan bakteri menguntungkan yang dikenal sebagai probiotik. The University of Michigan Health System menyatakan bahwa probiotik dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga pencernaan bekerja dengan baik. Jenis-jenis makanan yang mengandung probiotik alami, di antaranya: apel, kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Air

Salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan setelah sakit adalah menghidrasi tubuh dengan air yang banyak. Air dapat membantu membuang racun dari sistem Anda.
Top