Benarkah Selfie Haram?

Komentar
 
Selfie itu kebanyakan berujung pada takabbur, riya, sedikitnya UJUB buat cewek apalagi cowok, lebih baik hindari yang namanya foto selfie, nggak ada manfaatnya banyak mudharatnya.
bila kita berfoto selfie lalu takjub dengan hasil foto itu, bahkan mencari-cari pose terbaik dengan foto itu, lalu mengagumi hasilnya, mengagumi diri sendiri, maka khawatir itu termasuk UJUB (merasa berlebihan pada diri sendiri).
Dari Ibnu Umar RA bahwasanya Rosulullah SAW bersabda, “Adapun tiga hal yang membinasakan itu adalah kekikiran yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti dan ujub (kekaguman) seseorang terhadap dirinya sendiri”. [HR ath-Thabraniy di dalam al-Awsath. Dan diriwayatkan juga dari Anas bin Malik, Abdullah bin Abbas, Abu Hurairah dan Abdullah bin Abi Awfa radliyalllahu anhum. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Hadits ini dengan sekumpulan jalannya adalah hasan, lihat Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 3045, Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah: 1802 dan Misykah al-Mashobih: 5122].

BACA JUGA : Seputar Jembatan Siratul Mustaqim

Apabila kita berfoto selfie lalu mengunggah di media sosial, lalu berharap dikomen, dilike, diview atau apapun itu, bahkan kita merasa senang ketika mendapatkan apresiasi, lalu berselfie ria dengan alasan ingin mengunggahnya sehingga jadi semisal seleb, maka kita masuk dalam perangkap RIYA.

Apabila kita berfoto selfie, lalu dengannya kita membanding-bandingkan dengan orang lainnya, merasa lebih baik dari yang lain karenanya, merasa lebih hebat karenanya, jatuhlah kita pada hal yang paling buruk yaitu TAKABBUR
ketiganya mematikan hati, membakar habis amal, dan membuatnya layu bahkan sebelum ia mekar. Memang ini bahasan niat, dan tiada yang mengetahuinya kecuali hati sendiri dan Allah, hanya sekedar bernasihat pada diri sendiri dan juga menggugurkan kewajiban
Teringat masa lalu, kami masih merasakan masa dimana memfoto diri sendiri adalah aib, sesuatu yang aneh, tidak biasa, dan cenderung gila, narsis di masa kami bukan sesuatu kebiasaan.  
Zaman sekarang malah terbalik, cewek-cewek Muslimah tanpa ada malu memasang fotonya di media sosial, satu foto 9 frame, dengan pose wajah yang innalillahisegala macam, saat malu sudah ditinggal, dimana lagi kemuliaan wanita?
Yaa Ukhtii aku sayang kalian semua.

Top