Air Nabeez, Minuman Kegemaran Rasulullah SAW


Sebuah hadits mengatakan bahwa minuman yang paling disukai oleh Rasulullah ialah Al Hulwa Al Bird yakni minuman dingin yang manis. Dalam riwayat lain, Rasulullah pernah ditanya dan Rasulullah menjawab bahwa minuman yang paling baik adalah minuman manis yang dingin. Inilah minuman kegemaran Rasulullah yang patut untuk kita coba.

Banyak makanan dan minuman yang disukai oleh Rasul. Sebagai umat muslim, kita dapat meneladaninya karena pasti memiliki manfaat. Bahkan, kesukaan Rasulullah ini terdapat dalam hadits sehingga bisa kita pelajari.

Lantas, apa yang dimaksud minuman manis yang dingin?
Rasulullah pernah masuk ke rumah salah seorang kalangan Anshar dengan sahabatnya. Kemudian beliau bersabda bahwa jika ia memiliki air di dalam sebuah gentong maka Rasulullah meminta air itu. Tapi jika tidak, maka Rasulullah dan sahabatnya akan minum langsung dari telaga tanpa wadah. Cara minum nabi Muhammad SAW ini dilakukan secara langsung tanpa menggunakan wadah.

BACA JUGA : Dhabb, Binatang Reptil Yang Sering Disebut-sebut dalam Hadits

Ternyata maksud dari air dingin adalah air yang sudah didinginkan semalam oleh udara atau hawa. Inilah minuman yang paling disukai oleh Rasulullah yakni naqi’ atau nabidz atau air rendaman kurma. Biasanya minuman ini juga sering dihidangkan dalam acara pernikahan.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah diundang oleh Abu Usaid dalam pernikahannya. Istri Abu Usaid tak segan melayani para undangannya, meskipun ia sendiri adalah pengantinnya. Ia mengatakan bahwa minuman yang dituangkan pada Rasulullah adalah rendaman kurma semalam di dalam air.

Di dalam riwayat lain, dikisahkan bahwa Abdullah bin Mas’ud pernah bersama Rasulullah di malam yang gelap, kemudian Rasul bertanya apakah ia memiliki air. Ia membawa nabidz di dalam kantong kulit yang dibawanya. Beliau pun juga menggunakan air ini untuk berwudhu. Beliau bersabda bahwa air nabidz dapat diminum dan dapat digunakan untuk mensucikan diri.

Aisyah pernah berkata bahwa ia biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW dalam air minuman dimana bagian atasnya ditali. Ia membuat rendaman itu pada pagi hari dan Rasulullah meminumnya pada sore hari dan terkadang ia juga membuat rendaman pada sore hari dan meminumnya pada pagi hari.

Minuman yang paling disukai Rasulullah ini sering disebut sirup Nabidz yang dapat dibuat dengan dua bahan, yaitu buah kering manis, seperti kurma atau anggur dan air segar. Kurma untuk membuat nabidz direndam dalam air sekitar 12 jam sampai gula dalam kurma larut bersama air. Setelah itu, nabidz langsung dapat diminum. Tapi, kita juga bisa meminumnya setelah dua hari tapi pastikan bahwa wadah yang digunakan bebas dari kontaminasi atau bisa disimpan di kulkas.

Selain sebagai minuman yang segar, nabidz juga mempunyai manfaat lain. Minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti memberikan nutrisi bagi tubuh, menyebarkan panas alami, menghangatkan tubuh, dan dapat memperbaiki pencernaan. Manfaat yang banyak ini akan membuat tubuh kita lebih sehat dibanding meminum minuman yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Berdasarkan penjelasan berbagai minuman kesukaan Rasulullah di atas, kita tahu salah satu minuman yang disukai oleh Rasulullah. Bahkan kesukaannya ini terdapat di hadits sehingga bisa kita jadikan sebagai salah satu minuman favorit karena manfaatnya di dalam tubuh.
loading...
Top