6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Muncul Ketika Stres Melanda, Kamu Harus Tahu!

Penulis Penulis | Ditayangkan 03 Jan 2017
6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Muncul Ketika Stres Melanda, Kamu Harus Tahu!

Stres benar-benar dapat merusak kesehatan tubuh. Dokter Roger Henderson, seperti dilansir dari Dailymail mengatakan, banyak pasien yang tak menyadari bahaya stres bagi kesehatan tubuh sehingga membiarkannya berlarut-larut.

Secara umum, stres bisa membuat sakit kepala lebih sering, susah tidur, hingga mengganggu sistem pencernaan.

Roger mengatakan, stres pun bisa memperburuk atau memicu terjadinya suatu penyakit. Setidaknya ada enam masalah kesehatan yang bisa muncul ketika stres melanda.


1. Sindrom iritasi usus besar

Irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan sakit perut tak tertahankan. Gejala IBS antara lain, perut kembung, diare, ataupun sembelit.

BACA JUGA : Saat Menggunakan Jilbab Mukamu Berjerawat? Coba 5 Tips Ini Agar Cerawat Hilang Dari Mukamu, Cewek Wajib Baca!

Para ahli medis mengungkapkan, sebagian besar masalah IBS dipicu oleh kondisi stres seseorang. Ada hubungan yang kompleks antara otak saat stres dengan perut atau usus seseorang. Itulah mengapa, saat stres biasanya perut pun terasa tak enak.

"Perut dan usus dilapisi jutaan sel saraf yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur sistem pencernaan. Sel-sel saraf tersebut akan mengirim pesan ke otak dan juga sebaliknya," kata dokter Roger.


2. Keringat berlebihan

Suatu hal yang normal ketika keluar banyak keringat saat olahraga atau udara yang sangat panas. Keringat itu dikeluarkan oleh kelenjar ekrin.

BACA JUGA : Berikut 10 Cara Orang Tua Ini Mendidik Anaknya Dengan Cara Unik, Keren No 8 Bisa Dicoba Nih

Akan tetapi, keringat berlebihan juga bisa terjadi saat stres. Namun, kelenjar yang mengeluaran keringat itu adalah kelenjar apokrin. Apabila kelenjar ekrin lebih banyak mengadung air, kelenjar apokrin lebih banyak mengandung lipid dan protein.

Roger menjelaskan, ketika stres, kelenjar apokrin akan mendorong pengeluaran keringat ke kulit.


3. Gigi gemeretak

Peneliti menemukan hubungan antara stres dengan menggeretakan gigi. Menggertakan gigi atau disebut bruxism menimbulkan gejala sakit kepala, sakit di telinga, otot-otot rahang yang kaku, hingga gangguan tidur.

BACA JUGA : Pengen Rumahmu Rapi dan Nyaman? Inilah 7 Cara Menata Barang Anti Mainstream yang Bisa Kamu Coba

Bruxism kebanyakan terjadi saat tidur. Lama-kelamaan, kebiasaan ini bisa merusak gigi. Dokter Roger mengatakan, menggeretakan gigi bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti stres, gangguan kecemasan, dan konsumsi alkohol maupun kafein.

4. Rambut rontok

Stres telah terbukti membuat rambut rontok. Hormon stres disebut dapat memengaruhi folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok saat disisir maupun keramas.

BACA JUGA : 8 Design kasur Ini Khusus Dirancang Untukmu, Bikin kamu Betah Dikamar Seharian

Agar rambut kembali tumbuh lebat, tak hanya cukup melakukan perawatan rambut, tetapi juga mengatasi kondisi stres.

5. Insomnia
Stres sangat berkaitan erat dengan masalah tidur malam. Salah satu yang paling sering terjadi akibat stres adalah insomnia. Mengatasi stres telah terbukti dapat mengurangi masalah kesulitan tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA : Pria Ini Lamar Kekasih Wanitanya Dengan Dekorasi 999 Kontak Kondom

Roger menjelaskan, hormon-hormon yang dikeluarkan saat stres dapat mengganggu keseimbangan antara tidur dan saat terjaga. Apalagi, saat sudah berbaring di kasur masih memikirkan hal-hal yang membuat stres.

Untuk mengatasinya, tenangkan dulu pikiran, tarik napas dalam-dalam, dan hindari menatap layar ponsel sebelum tidur.


6. Kelelahan

Stres akan sangat menguras energi. Hal ini juga berkaitan dengan kurang tidur akibat stres.

Mental Health Foundation menemukan, bahwa hampir sepertiga dari penduduk Inggris adalah kurang tidur karena stres.

Selain menganggu tidur, stres juga membuat suasana hati memburuk. Hal itulah yang membuat seseorang merasa kelelahan, seperti kurang motivasi dan energi.

BACA JUGA : Kamar Mandi Kamu Gitu-gitu Aja? Berikut 5 Design Sederhana Ini Layak Kamu Coba

Penelitian juga telah membuktikan, stres ataupun gangguan kecemasan dapat membuat seseorang sangat kelelahan, bahkan jika telah istirahat.
Cobalah mengatasinya dengan olahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat. 
SHARE ARTIKEL