Waduh, WhatsApp Dipastikan Bakal Dijejali Iklan! Inilah Salah Satu Faktor Penyebabnya


Kabar mengejutkan datang dari aplikasi populer yang banyak diunduh oleh pengguna Android. Bagaimana tidak, dalam waktu dekat, WA atau yang lebih dikenal dengan WhatsApp bakal berubah drastis. Aplikasi pesan instan tersebut bakal dijejali berbagai iklan.

Baca juga : Inilah Desain Uang NKRI Terbaru dan Tempat Penukarannya, 12 Pahlawan Baru Sudah Resmi Tertera!

Iklan itu sendiri nantinya akan berbentuk pesan broadcast kepada pengguna WhatsApp. Pihak WhatsApp memberi contoh, bisa saja satu maskapai memberikan informasi penerbangan yang tertunda.

Mungkin saja, satu perusahaan membayar WhatsApp untuk mengirimkan iklan berupa informasi produk baru kepada semua atau sebagian pengguna. Jadi perusahaan bermerek bisa berkomunikasi langsung dengan pengguna WhatsApp. Misalnya dengan mengirimkan reminders, pesan, hingga panggilan WhatsApp terkait transaksi.

"Kami ingin menguji fitur ini dalam beberapa bulan ke depan," tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Kebijakan baru WhatssApp memang bisa membantu mendapatkan uang, tapi di sisi lain bisa juga membuat penggunanya gerah.

Baca juga : Kominfo Blokir Aplikasi Bigo Live, Noor Iza : Ada Konten yang Tidak Pantas!

Untuk diketahui, setelah WhatsApp dibeli Facebook pada 2014 silam, founder WhatsApp Jan Koum pernah memohon agar Facebook tidak mengubah kebijakan soal penanganan data pengguna. Maksud Koum, dia tidak ingin aplikasi pesan instan itu jadi penuh dengan iklan.

Sayangnya, perubahan itu sekarang terjadi. Data pengguna WhatsApp, seperti nomor telepon, sekarang akan disebarkan ke aplikasi atau perusahaan lain milik Facebook. Data tersebut kemudian akan dipakai sebagai alat untuk mengelola iklan yang muncul saat pengguna membuka Instagram, Facebook, atau sekadar berkirim pesan di WhatsApp.
loading...
Top