Viral Rekaman Video `3 Matahari` di Langit Rusia

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 08 Dec 2016

Viral Rekaman Video `3 Matahari` di Langit Rusia
Fenomena unik mirip '3 matahari' yang dikenal dengan sebutan 'halo'. (BBC)

Masyarakat di kota St Petersburg, Rusia dibehobkan oleh tampilan '3 matahari' yang menyinari pagi hari itu. Hal inipun banyak diabadikan dalam sebuah foto dan video, karena ini sungguh fenomena yang langka.

Seperti dikutip dari Daily Mail melalui liputan6, Rabu (7/12/2016), penampakan 3 matahari tersebut merupakan suatu fenomena alam langka.

Menurut seorang ilmuwan terkenal di Petersburg Planetarium, Maria Borukja, penampakan matahari 'palsu' tersebut merupakan akibat dari aktivitas alam yang dikenal dengan sebutan 'sun dogs' atau matahari bayangan.

Perempuan yang juga merupakan seorang mahasisawa PhD jurusan mekanika alam semesta di Universitas Petersburg itu menjelaskan, 3 matahari tersebut merupakan sebuah fenomena atmosfer, terdiri dari titik terang yang muncul di di dua sisi matahari.

Baca Juga: Temukan Tanaman Ini, Dan Anda Akan Dapatkan Miliaran Rupiah

Maria juga mengatakan bahwa sebenarnya fenomena alam itu dapat dilihat dari berbagai belahan dunia. Hanya saja jarang sekali terlihat seterang yang tampak di Rusia.

Namun seorang peneliti senior di Institute of Applied Astronomy of Russian Academy of Sciences, Nikolay Zheleznov, mengatakan bahwa penampakan tersebut merupakan 'Halo'. Ia mengatakan fenomena itu adalah jenis 'halo' atau lingkaran cahaya normal.

Viral Rekaman Video `3 Matahari` di Langit Rusia
Detik-Detik '3 Matahari' Langka Muncul di Langit Rusia (vmagnitogorske)


"Masih banyak halo yang lebih menarik. Ini masih tergolong biasa saja, sebuah permainan cahaya yang dipantulkan oleh kristal es pada awan tipis yang berada pada ketinggian 5 hingga 10 kilometer di atas permukaan tanah," kata Nikolay.

Pria itu  menjelaskan bahwa 'halo' merupakan ilusi optik yang disebabkan oleh kristal es di udara yang membiaskan sinar matahari.

Penduduk setempat mengabadikan fenomena alam langka tersebut, dan kemudian mengunduh gambar dan rekaman penampakan dalam media sosial. Mereka mendeskripsikan kejadian itu terlihat seperti adegan dalam film Star Wars, di mana dalam tontonan fiksi sain itu digambarkan sebuah planet yang disebut Tatooine yang memiliki dua matahari.

Semenatara itu, pemerintah setempat melaporkan penampakan ilusi 'halo' tersebut mengakibatkan beberapa kecelakaan lalu lintas terjadi. Ini terjadi akibat sinar 'matahari' yang terlalu terang dan terkejut menyaksikan hal langka tersebut.

Tidak hanya di Peterburg, warga juga melaporkan penampakan fenomena di beberapa wilayah Rusia. November lalu, 'son dogs' terlihat di langit Siberia.

Sebelumnya warga di kota Chelyabinsk, Rusia beruntung bisa menyaksikan fenomena unik seperti '3 matahari' muncul di atas cakrawala pada Februari 2015 lalu.

Berikut fenomena tersebut,


SHARE ARTIKEL