Ucapkan "Permisi" Dahulu Sebelum Kencing Dibawah Pohon

Bila sudah kebelet dan tidak tahan harus buang air kecil, bawah pohon pun bisa menjadi pilihan. Tapi pernah gak sih, kalian mendengar rumor harus mengatakan permisi dahulu sebelum buang hajat dibawah pohon?



BACA JUGA: Jual Bayi Manusia "Imitasi", Nenek Ini Diperiksa Polisi

Hmm.. hal itu dikarenakan nenek moyang kita percaya jika di pohon-pohon itu terdapat penghuni dan akan marah jika rumahnya dikencingi tanpa permisi. Konon katanya, jika mereka marah, maka burung mu akan digigit olehnya.

Peringatan itu bukanlah tanpa alasan. Karena kencing dibawah pohon termasuk dosa besar dan juga menjadi sebab terkena siksa di alam kubur. Di samping itu pakaian mudah terkena najis karena bekas kencing pada kemaluan tidak dibersihkan, begitu pula bau kencing tersebut sangat mengganggu orang lain.

Mengenai hal tersebut, Rasalullah SAW Bersabda.

يُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، بَلَى، كَانَ أَحَدُهُمَا لاَ يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ، وَكَانَ الآخَرُ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ


“Mereka berdua disiksa. Mereka menganggap bahwa itu bukan perkara besar, namun sesungguhnya itu perkara besar. Orang yang pertama disiksa karena tidak menutupi diri ketika kencing. Adapun orang yang kedua disiksa karena suka mengadu domba.” (HR. Bukhari 216 dan Muslim no. 292).


Nah guys.. Jangan suka kencing dibawah pohon ya apalagi ditempat umum. Tapi bagaimana ya jika terpaksa tidak ada kamar mandi?? Mengenai hal itu, Rasulullah Juga bersabda.

خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَأْتِى الْبَرَازَ حَتَّى يَتَغَيَّبَ فَلاَ يُرَى.

“Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika safar, beliau tidak menunaikan hajatnya di tempat terbuka, namun beliau pergi ke tempat yang jauh sampai tidak nampak dan tidak terlihat.” (HR. Ibnu Majah no. 335 dan Abu Daud no. 2. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.
loading...
Top