Tembak Mati Pengedar, Keseriusan BNN Terhadap Pemberantasan Narkoba

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 06 Dec 2016

Tembak Mati Pengedar, Keseriusan BNN Terhadap Pemberantasan Narkoba

Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), menegaskan jajarannya tidak segan untuk menindak tegas para pengedar narkoba, termasuk menembak mati mereka jika membahayakan saat penangkapan.

BACA JUGA : Trend Positif MMA di Indonesia Memaksa Atlit Indonesia Tidak Hanya Sebagai Penggembira Dikancah Internasional

Apalagi BNN, kata dia, kini sudah dilengkapi dengan persenjataan baru. Pria yang akrab disapa Buwas itu mengatakan, langkah tembak mati dilakukan untuk menyelamatkan generasi bangsa.

"Saya kira kalau dibutuhkan dan diharuskan, kalau ada perlawanan (tembak mati). BNN juga sudah dilengkapi dengan persenjataan baru itu kami lakukan dalam tindakan hukum, harus tegas. Tidak main-main, karena yang kita selamatkan adalah generasi bangsa," ucapnya di kawasan Monumen Nasional, Jakarta.

Mengenai penggunaan uang hasil penjualan narkoba dari para bandar yang disita BNN untuk dipakai biaya operasional, Buwas belum bisa memastikan hal itu. Sebab, hal tersebut hingga kini masih dibahas lebih lanjut dengan instansi terkait.

"Masih dibahas, tidak serta merta bisa digunakan. Tapi artinya, untuk mendukung tugas operasional, kita bisa menunggu dari dana pemerintah, karena beberapa aturan dan prosedur. Maka untuk kecepatan langkah ini adalah, menggunakan dana TPPU hasil kejahatan narkotika. Toh, untuk memberantas juga, kalau kita sita asetnya kan mereka enggak ada modal," kata Buwas.

SHARE ARTIKEL