Sungguh Dahsyat Manfaat, Diam dan Mendengarkan Adzan Saat Dikumandangkan

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 05 Dec 2016
Sungguh Dahsyat Manfaat, Diam dan Mendengarkan Adzan Saat Dikumandangkan
Muadzin adzan

Adzan yang merupakan panggilan bagi umat muslim untuk mengingat Allah SWT dengan segera mengambil air wudhu dan menjalankan ibadah shalat menjadi hal yang biasa bagi kita semua yang beragama islam.

Pada dasarnya suara adzan yang sudah terdengar biasa bagi mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa jika kita mau berhenti sejenak dari kesibukan aktifitas dan diam untuk mendengarkan suara adzan. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mendengar suara adzan? Berikut rangkuman dari berbagai sumber,

1. Diam mendengarkan adzan dapat menenangkan pikiran

Saat sedang sibuk-sibuknya dengan pekerjaan kita, misal di siang hari kita mengejar semua pekerjaan agar cepat beres, dengan diam mendengarkan adzan zhuhur dan ashar menjadi penyejuk bagi tubu kita.

Baca Juga: Peserta Aksi 412 Mengaku Dijanjikan Imbalan

Ada hawa yang sejuk dan ada jeda waktu buat menenangkan hati serta pikiran saat adzan dikumandangkan, lalu kita diam dan mendengarkan.

2. Sebagai pengingat diri

Apapun aktivitas yang sedang kita lakukan atau apapun yang sedang kita geluti, saat diam mendengarkan adzan menjadi momen spesial. Kita jadi memiliki waktu untuk mengingat lagi bahwa kita cuma hamba Allah yang hidup karena Allah dan akan kembali pada-Nya suatu saat nanti.

3. Membuka peluang terkabulnya doa

Daripada ngobrol, mendingan diam mendengarkan adzan dan memanjatkan doa. Saat adzan berkumandang adalah salah satu waktu doa jarang tertolak. Dari Sahl bin Saad bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ada dua yang tidak tertolak dan jarang tertolak; doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk." (HR. Abu Dawud, Baihaqi, dan Hakim).

4. Balasannya surga!

Orang yang mendengarkan adzan dan meyakini apa yang diucapkannya, maka dia mendapat janji surga dari Rasulullah. Hadits dari Abu Hurairah, ia berkata, "Pernah ketika kami sedang bersama Rasulullah, Bilal bangkit untuk menyerukan adzan. Tatkala Bilal diam, Rasulullah bersabda, "Siapa yang mengucapkan seperti ucapannya muadzin disertai dengan keyakinan, maka ia pasti masuk surga." (HR. An Nasa'i no. 674, dihasankan Al Imam Al Albani dalah shahih sunan An Nasa'i).

Wallahu a'lam. Semoga kita tergolong orang-orang yang mendapatkan hidayah.
SHARE ARTIKEL