Sebagai Ganti UN, USBN Bakal Ujikan Semua Mata Pelajaran

Sudah dengar dihapuskannya Ujian Nasional (UN)? Hmm,.. memang sih UN akan dihapuskan, tapi tetap saja ada program yang akan menggantikannya. Program pengganti tersebut adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Berbeda dengan UN yang dikirim langsung dari pusat, USBN ditentukan oleh masing-masing sekolah berstandar nasional dan dilaksanakan secara desentralisasi. Memang sih terdengar mudah, tapi siapa sangka jika USBN bakal mengujikan seluruh mata pelajaran.



BACA JUGA: Sejarah Baru Saja Tercipta di 212, Shalat Jumat Terbanyak Terjadi Pada Hari Ini

Dikutip dari Okezone, "Pada USBN semua pelajaran akan diujikan, jadi siswa tidak hanya fokus pada pelajaran yang selama ini di-UN-kan," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (1/12/2016).

Menurutnya, selama ini sekolah cenderung mengutamakan mata pelajaran yang diujikan pada UN, dan kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Hal ini berimplikasi pada sikap siswa kepada guru-guru di luar mata pelajaran UN tersebut.

"Standar nasional sekarang belum optimal karena yang diujikan dalam UN hanya beberapa pelajaran. Dengan USBN maka akan dilakukan untuk semua pelajaran," sebutnya.

Muhadjir mengungkapkan, meski dilakukan secara desentralisasi, rencananya pusat akan menyumbang beberapa soal sebagai alat ukur standar nasional. Sedangkan sisanya diserahkan pada KKG dan MGMP.

Mengenai hal ini, beberapa anggota komisi X DPR RI menilai jika USBN perlu dikaji ulang. Karena ujian itu mencakup seluruh mata pelajaran, sehingga akan semakin membebani siswa. Sementara itu, waktu pelaksanaan ujian tinggal beberapa bulan lagi.
loading...
Top