Ramai Dibicarakan Banyak TKA China Ilegal, Luhut: Yang Bilang TKA China Ilegal 20ribu Tunjukkan Buktinya


Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan

Saat ini memang sedang menjadi trending topik masyarakat melalui media sosial bahkan di media bahwa Indonesia diserbu Tenaga Kerja Ilegal Asal China. Namun tudingan itu ditepis oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan. Menurut dia, jumlah tenaga kerja ilegal China atau Tiongkok di Indonesia tidak lebih dari 1000 orang. Hal itu jauh berbeda dengan apa yang disangkakan selama ini oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Pemuda ini Tolak Warisan Ribuan Triliun dari Ayahnya, ini Alasanya

"Kita jangan merusak diri sendiri dengan membuat berita tidak benar. Berita yang benar dari data yang kami miliki, tenaga kerja dari Tiongkok yang mungkin ilegal itu hanya 800 orang," katanya di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Jumat (23/12/2016) seperti diberitakan okezone.

Menurutnya, apa yang diduga selama ini adalah kekeliruan. Pasalnya, kata Luhut, warga China yang saat ini berada di Indonesia adalah sebagai Turis, bukan tenaga kerja ilegal.

"Presiden Jokowi minta ke Presiden China supaya mengirim 10 juta turis Tiongkok datang ke Indonesia. Kemarin ada 1,3 juta turis datang ke Indonesia dari China. Angka ini masih jauh, tapi angka itu diplesetkan jadi tenaga kerja kasar China yang masuk ke Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, menurut Luhut jumlah 800 tenaga ilegal asal China masih menjadi hal wajar mengingat luasnya wilayah Indonesia.

"Satu angka yang wajar dan tentu bisa terjadi dengan luasnya wilayah Indonesia. Kalau ada yang bilang 20 ribu, saya minta datang itu orang kasih lihat datanya ke saya," katanya.
"Jangan manipulasi rakyat kita dengan berita tidak benar. Saya minta teman media, jangan kita ini membohongi rakyat kita," tambahnya.
Top