MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 03 Dec 2016

MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212
Monumen Nasional (Monas), Jakarta

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu ribuan relawan muslim yang membersihkan sekitaran Monumen Nasional (Monas) yang menjadi tempat pusat Aksi Bela Islam Jilid III.

Dikutip dari jpnn, relawan Aksi Bela Islam III dari Ar rahman Qur'anic Learning (AQL) Center pimpinan Ustadz Bachitar Nasir, langsung turun tangan membersihkan kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).

Ratusan relawan berompi oranye langsung menyiramkan air dan menyapu sisa sampah kardus yang berserakan di lokasi.

MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212
Foto Jpnn

Tak hanya kardus, sampah botol air mineral dan koran juga dipungut langsung tanpa menunggu arahan dari koordinator.

Posko Relawan AQL Peduli menjadi salah satu posko yang mencuri perhatian massa Aksi Bela Islam III.

Baca Juga: "Shalat Jumat dalam Aksi 212 ini adalah shalat Jumat terbesar di dunia" kata Opick

Melansir republika.co.id, di area akhwat, para relawan kebersihan nampak sibuk memunguti sampah yang terlihat di area aksi damai. Operasi semut ini terus berlangsung sejak saat shalat Jumat berlangsung di tengah hujan, hingga shalat Jumat usai. Sampah yang dikumpulkan mereka masukkan dalam sejumlah kantung plastik hitam besar dan dikumpulkan jadi satu di beberapa tempat.

MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212
Foto repubilka

Para peserta Aksi Super Damai 212 juga terlihat membantu ikut memunguti sampah saat shalat Jumat usai. Mereka mengumpulkan sampah di dekat pintu keluar Stasiun Gambir. Relawan kebersihan juga nampak membongkar pipa-pipa yang sebelumnya digunakan mengalirkan air wudhu. Mereka memindahkan pipa ke luar area Monas dan mengumpulkan potongan bambu sebagai tiang-tiang penyangga pipa di beberapa titik untuk diangkut petugas kebersihan.

Begitu juga dengan pengasuh pondok Pesantren Daarut Tauhid, Ustadz Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym.

Walaupun masih turun hujan Aa Gym tidak mematahkan semangatnya untuk mengumpulkan sampah dengan menggunakan jas hujan warna hijau dengen menenteng sebuah plastik sampah berjalan di seputaran panggung utama.

“Ayo santri Darut Tauhid semuanya turun bersihkan sampah,” ucap Aa Gym di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12), dikutip dari indonesiaoversight.com.

Sementara salah satu relawan kebersihan Fauzan mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh rekan-rekannya untuk membersihkan sisah sampah atas inisiatif sendiri tanpa dipungut biaya.

“Demi Allah ini tidak dibayar ini inisiatif sendiri,” katanya saat ditemui di Monas.

MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212

MasyaAllah, Keadaan Monas Sangat Bersih Setelah Aksi 212

Usai shalat Jumat dan area lapangan Monas berangsur sepi. Tiga truk pengangkut sampah pengelola Monas terlihat mengangkut kantung-kantung sampah yang dikumpulkan relawan kebersihan dan peserta aksi.

SHARE ARTIKEL