Jika Anda Mengalami Hal Berikut Bisa Jadi Gejala Asma, Jangan Remehkan!



Asma adalah bagian dari satu kelompok penyakit yang kronik yang disebabkan oleh terganggunya saluran pernafasan bawah. Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan dari Rumah Sakit Siloam Asri, Prasenohadi mengatakan asma harus ditangani sedini mungkin, untuk menekan angka kematiannya.

Lantas apa saja faktor yang mempengaruhi munculnya penyakit asma? Mulai dari genetik, faktor lingkungan, hingga pola hidup tak sehat. Nah, ada baiknya Anda mengetahui gejala asma ini!

BACA JUGA : Anda Mengira Tekanan Darah 120/80 Normal? Salah! Inilah yang Benar

Batuk


Bagi Anda yang mengalami keluhan batuk berkepanjangan hingga mengganggu aktifitas, waspadalah! Itu adalah salah satu tanda awal asma yang disertai gatal ditenggorokan. Penyebabnya karena udara atau alergi terhadap sesuatu. Gejala lainnya adalah batuk yang dirasakan semakin buruk pada malam atau pagi hari sampai menyebabkan sulit tidur.

Mengi



Pernahkah Anda merasa kelelahan dan nafas tersengal-sengal hingga menimbulkan bunyi lengkingan? Berhati-hatilah karena itu bukan sesak nafas biasa. Bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda awal gejala asma ringan. Salah satu cara mengatasinya dengan menarik nafas dalam-dalam dan tenangkan diri Anda.

Dada Sesak


Batuk dan mengi yang bertambah parah akan menimbulkan sesak nafas akut serta dada terasa sesak, seperti diremas dan ditekan. Ketika gejala itu muncul, Anda harus segera mencari oksigen atau membeli inhaler khusus asma yang mengandung kortikosteroid, guna meredakannya.

Nafas Pendek


Nafas pendek hampir sama gejalanya dengan mengi. Namun mengi masih bisa ditangani dengan mengirup nafas dalam-dalam, sedangkan nafas pendek terasa seperti akan kehabisan nafas, karena tidak ada lagi udara yang keluar. Bila itu terjadi, Anda dianjurkan langung pergi ke klinik terdekat atau gunakan inhaler asma.

loading...
Top