Inilah Alasan, Kenapa Orang Pintar Tak Punya Banyak Teman

Komentar

Berapa banyakkah teman yang Anda miliki? Banyak sekali hingga tak terhitung atau tidak mencapai lima jari?

Jika Anda termasuk kategori kedua, jangan bersedih hati. Bisa jadi Anda termasuk orang yang luar biasa pintar.

Sebab, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology oleh Satoshi Kanazawa dan Norman Li, orang dengan level intelligence quotient (IQ) yang tinggi tidak suka memiliki banyak teman.

Pada awalnya, Kanazawa dan Li hanya ingin tahu korelasi antara kepadatan penduduk dan kebahagiaan dengan menyurvei 15.000 orang berusia 18 hingga 28 tahun.

Dari sana, mereka menemukan bahwa semakin padat area tempat tinggal responden, semakin berkurang juga kebahagiaan mereka.

Namun, korelasi ini bisa berubah bila kepadatan ini berisi teman dan keluarga yang mereka kenal. Bila demikian, mereka justru merasa bahagia karena bisa tinggal dekat dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Akan tetapi, rupanya hal yang sama tidak terjadi pada orang-orang dengan level IQ tinggi. Sebab, efek kepadatan penduduk ini dua kali lipat lebih terasa bagi orang-orang dengan level IQ tinggi daripada dengan level IQ rendah.

Selain itu, Kanazawa dan Li juga menemukan bahwa orang-orang dengan level IQ tinggi justru menjadi semakin tidak puas dengan kehidupannya bila sering bersosialisasi atau menghabiskan waktu bersama teman.


Jadi, jangan bersedih bila Anda tidak mempunyai teman atau merasa stres ketika dihadapkan dengan situasi sosial. Bisa jadi alasannya adalah karena Anda memiliki level IQ yang tinggi.
Top