Inilah 12 Tips Menikmati Sushi Tanpa Menambah Berat Badan


Sejatinya, sushi termasuk makanan yang sehat asalkan Anda paham cara menikmatinya dengan benar. Karena, menyantap sushi tanpa aturan, justru dapat membahayakan lingkar pinggang.

Tak hanya itu, Anda pun bisa kehilangan manfaat sehatnya. Simak anjuran para ahli mengenai cara menikmati sushi yang tepat tanpa harus membahayakan program diet.

Pesan salmon dan tuna

Carol Ann Rinzler, penulis buku Nutrition for Dummies, menyebutkan bahwa sushi adalah makanan rendah lemak. Tapi jika Anda tidak memakannya dengan cara yang benar, 'label' rendah lemaknya akan hilang sama sekali.

"Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilih jenis sushi yang kaya omega-3 yang mampu melindungi jantung dan meningkatkan kekuatan otak," kata Rinzler.

Rinzler menyarankan agar Anda menjatuhkan pilihan pada salmon dan tuna, karena keduanya rendah kalori (40 kalori perons untuk salmon dan 42 kalori untuk tuna). Keduanya juga tinggi protein, Omega-3 dan vitamin D.

Tambahkan wasabi

"Wasabi mengandung antioksidan isothiocyanates, yang sama seperti brokoli, mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker," kata Rinzler.

Katakan tidak untuk gorengan

Margaux J. Rathbun, praktisi nutrisi bersertifikat dan pendiri situs gizi Authentic Self Wellness, menyarankan Anda untuk menjauhi gulungan renyah alias menu roll yang digoreng. "Semakin sedikit gorengan yang Anda makan, semakin baik," kata Rathbun.

Pilih menu rebus, panggang dan mentah

"Fokuslah pada menu yang direbus atau kukus atau dipanggang," kata Rathbun. "Salah satu sushi favorit saya adalah sashimi, karena hanya terdiri dari daging ikan tanpa tambahan nasi."

Jangan lupakan sayuran

Biasanya, bagian luar sushi roll ditutupi oleh gulungan rumput laut. Tapi, biar bagaimanapun, jumlah rumput laut dalam seporsi sushi, masih di bawah anjuran konsumsi serat yang direkomendasikan para ahli kesehatan.

Karena itu, alangkah baiknya jika Anda menambah lebih banyak sayuran ke dalam piring makan Anda.

"Banyak restoran sushi menyediakan pilihan menu vegetarian dengan bahan-bahan seperti mentimun segar, alpukat, kacang edamame dan rumput laut," kata Rathbun.

"Rumput laut adalah makanan yang penuh nutrisi, antara lain mengandung vitamin K, magnesium, dan asam folat," jelas Rathbun.

Pilih nasi merah

Alih-alih beras putih, jika ada, lebih baik Anda memilih sushi yang terbuat dari beras merah. Pasalnya, beras merah mengandung lebih banyak serat dibanding beras atau ketan putih yang baik untuk pencernaan.

Selain itu, beras merah juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga tidak menyebabkan gula darah melonjak. Beras merah juga kaya akan mineral mangan, selenium, dan magnesium.

Santap jahenya

Irisan jahe di tepi piring Anda bukanlah hiasan. "Jahe adalah makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki agen antimikroba dan antivirus yang efektif," kata Rathbun.

"Jahe juga merupakan sumber potasium, magnesium, tembaga dan mangan yang baik."

Kurangi kecap bersodium tinggi

Katie Clark, ahli diet di San Diego, menyarankan agar penggemar sushi meminta kecap rendah sodium. Kelebihan sodium di dalam tubuh berpotensi meningkatkan risiko sakit jantung.

Soba bisa jadi pilihan

"Coba nikmati sepiring mie soba yang terbuat dari gandum utuh," kata Clark. "Soba mengandung banyak serat dan tinggi protein, merupakan alternatif yang lebih baik dibanding nasi putih."

Pilih sashimi dibanding maki

Janel Ovrut Funk, seorang ahli diet di Boston mengingatkan bahwa setiap sushi roll memiliki sekitar satu cangkir beras putih di dalamnya.

Ini berarti tambahan sekitar 200 kalori. Karena itu, lebih baik pilih sashimi (potongan ikan mentah tanpa nasi) dibanding sushi maki (ikan digulung bersama beras dan rumput laut).

Mulailah dengan sup

Mulailah dengan sup miso sebelum menyantap sushi. Ini akan membantu Anda cepat kenyang tanpa harus menambah kalori. Secangkir sup miso memiliki kurang dari 75 kalori, menurut Ovrut Funk.

Perhatikan porsi Anda

Sama seperti saat Anda menyantap makanan lain, saat menikmati sushi, Anda pun harus menyantapnya dalam porsi yang tepat.

Ovrut Frank menyarankan agar Anda mengonsumsi tidak lebih dari enam gulungan sushi. Jika masih lapar, tambah salad dan sup miso.
Top