Hal Inilah yang Mungkin Kamu Alami Jika Punya Orang Tua Strict Agama yang Kuat!


Mungkin bagi sebagian orang, mempunyai orang tua yang super religius adalah hal yang cukup menenangkan karena selain dengan agama yang kuat, juga nantinya kita juga mampu menambah iman lebih kuat karena dorongan dari keluarga. Bukannya keluarga biasa tidak seperti itu, melainkan karena keluarga yang lebih religius biasanya akan selalu mewanti-wanti anaknya agar juga masuk ke lembaga sekolah agama yang pastinya mampu menambah wawasan tentang agama yang dianutnya.

Baca juga : Boys Always Be Boys! Inilah Kelucuan Ketika Ayah Mengasuh Anak "Kesayangan" Mereka

Mungkin bagi kamu yang punya keluarga dengan strict agama yang kuat, hal berikut ini pasti kamu rasakan. Bukannya bermaksud negatif, hanya saja mereka melakukan itu semua demi kebaikanmu juga. Penasaran apa saja? Simak disini.

1. Pulang malam? NO WAY!


Ini berlaku keras bagi perempuan, ya ada sih yang laki-laki. Walaupun ada tugas kelompok di malam hari, atau ada urusan-urusan lain, pastinya bapak dan emak langsung menolak izin kita keluar. Jangan pernah ngarep buat bisa lolos, deh. Lolos sekalipun, besoknya pasti dapat ocehan panjang atau hukuman yang lebih parah.

Aturan ketat larangan keluar malam terkadang membuat kita cemburu dengan kebebasan teman-teman yang bisa jeblas-jeblos ke kafe malem-male. Namun, seiring perjalanan waktu kamupun mulai dewasa, dan tau dampak-dampak negatif keluar malam, kamupun mulai paham mengapa orang tua melarangmu.

2. Sholat adalah nomor satu!


Yang namanya sholat adalah kewajiban paling wajib sewajib-wajibnya di rumah. Bapak atau emak bisa uring-uringan satu hari lantaran kita nglewatin satu sholat saja. Malahan kalau emak lagi kesel ama kita lantaran suatu hal, bisa jadi dia nyangkut-nyangkutin ama ngelalain sholat kita tersebut. "Nilaimu kok bisa jelek? tadi pagi emang ga sholat subuh makanya dapat nilai jelek". Yap, emak atau bapak udah seperti alarm HP, mereka ngingetin kita untuk sholat. Namun, sisi baiknya kitapun menjadi terbiasa dengan sholat di saat di luar rumah walaupun gak ada mereka.

3. Jurusan kuliah? Udah jangan aneh-aneh, deh..


Hal yang mendasar mengapa ortu melarang kita mengambil jurusan kuliah juga karena mereka sayang dengan kita. Mereka khawatir kita salah jalan lantaran pengaruh-pengaruh yang belum kita ketahui di saat belajar di universitas tersebut. So, cobalah menimbang pelarangan-pelarangan orang tua mengenai jurusan pilihanmu tersebut, dan kalo bisa mintalah penjelasan yang bisa membuatmu paham. Semua akan clear kalo kita mau saling berkomunikasi.

4. Jangan nonton itu. Ganti channel!


Kamu pasti akan paham tentang pola pikir ortumu itu yang sangat menentang hal-hal seperti itu. Mereka hanya mengkhawatirkan dirimu agar tidak terarah pada hal-hal yang akan merugikanmu, karena di dunia ini sudah banyak hal yang sumrawut. Jadi di saat kamu nonton TV, baca berita, atau memperoleh informasi, kamu harus benar-benar berpikir kritis akan hal itu, karena bisa saja itu menyesatkanmu. Di zaman sekarang banyak pihak-pihak yang menyetir awak media supaya memberitakan berita untuk kepentingan mereka semata. Media yang netral sangat jarang ditemui.

Baca juga : Berharap Punya Anak Sukses? Mungkin Orang Tua yang Punya Karakter Ini Bisa Mewujudkannya!

5. But, In the end of the day, kamupun mengakui kalau ortumu ada benarnya.


Yap, intinya ortu memang ingin anaknya menjadi yang terbaik. Jadi, jika kamu mendapati mereka melarang kamu dengan alasan agama, mungkin mereka sedang menghindarkanmu dari hal buruk. Tapi, yang terpenting tanyakanlah alasan pelaranganmu dengan jelas, suruh mereka menjelaskannya secara pelan-pelan dan gamblang supaya kamu enggak nggrundel sendiri. Namanya orang tua pastilah ada salah paham dalam memahami sesuatu. Maka sekali lagi, tanyakanlah sejelas mungkin.

Seiring berjalannya waktu, seiring kamu dewasa dan seiring kamu mengerti kehidupan, pastilah banyak hal yang akan kamu pahami, dan disanalah kamu mulai mengerti pentingnya nasehat-nasehat ortumu yang ternyata mereka ada benarnya.
loading...
Top