Hai Wanita, Waspadai Hal Yang Pantang Dilakukan Saat Membersihkan Organ Intim

 

Membersihkan vagina, bukan sesuatu yang sepele karena merupakan bagian penting pada tubuh wanita. Bahkan, banyak wanita yang mengalami kesalahpahaman dalam membersihkan area intim tersebut.


BACA JUGA : Download Lagu-Lagu Ilegal Jadi Kebiasaan Orang Indonesia, Baca Penyebabnya Disini

Banyak ketidaktahuan mengenai cara membersihkan vagina seperti kapan waktu yang tepat, menggunakan apa untuk membersihkannya, atau bagaimana cara yang tepat untuk membasmi kotorannya. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan menurut spesialis gynekologi, yang dikutip dari laman Glamour.

1.  Scrubbing
Sangat tidak direkomendasikan melakukan scrubbing pada vagina. Karena kulit vagina sangat sensitif, sehingga hindari membersihkannya dengan bantuan scrub. "Bersihkan vagina secara tegas, tapi tidak disarankan penggunaan scrub," ujar spesialis ObGyn, Pari Ghodsi, M.D.

2. Sabun mandi

Vagina termasuk area sensitif. Termasuk kulit di area vagina. Maka dari itu, untuk membersihkanya, harus menggunakan sabun khusus. "Vagina memiliki kulit dan jaringan paling sensitif di tubuh pada parfum, sabun dan hal lain yang memicu alergi. Jika tetap ingin gunakan sabun, pilih yang memiliki pH seimbang," ujar profesor ObGyn, Mary Jane Minkin.

3. Dibersihkan setelah berhubungan seks

Normal jika ada keinginan untuk membersihkannya. Tapi, ingat juga bahwa vagina mampu membersihkan dengan sendirinya. Oleh karena itu, cukup dilap dengan kain bagian luar vagina, tanpa tambahan apa pun lagi.

4. Mencukur

Cara untuk merawat rambut di area intim, memang berbeda pada tiap individu. Tapi, yang perlu diingat adalah mispersepsi pada konsep kebersihan rambut di area intim yang tidak higienis.

Perlu diketahui, rambut di area intim wanita berguna sebagai proteksi terakhir pada bagian vagina luar untuk mencegah infeksi. Sehingga, tidak disarankan untuk mencukur habis karena dapat membuat vagina dengan cepat terkena infeksi.
loading...
Top