Di Kebayoran Baru Warga Berhasil Musnahkan 75 Ekor Tikus

Penulis Penulis | Ditayangkan 08 Dec 2016

Di Kebayoran Baru Warga Berhasil Musnahkan 75 Ekor Tikus

Pihak Kecamatan Kebayoran Baru melaksanakan pemberantasan hama tikus, malam. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 10 kelurahan, seperti yang dirangkum wajibbaca.com dari laman kompas.com.

Warga bersama pengurus RT/RW membantu petugas PPSU dan aparatur masing-masing kelurahan memburu tikus.

Hasilnya, 75 tikus berhasil ditangkap lalu diserahkan ke posko di Kecamatan Kebayoran Baru untuk dimusnahkan.

Rinciannya, Kelurahan Pulo menangkap 4 ekor tikus, Rawa Barat 8 ekor, Selong 4 ekor, Senayan 11 ekor, Gandaria Utara 8 ekor, Cipete Utara 29 ekor, Petogogan 3 ekor, Melawai 2 ekor, Gunung 1 ekor, dan Kramat Pela 6 ekor.

Wakil Camat Kebayoran Baru Aroman mengatakan, tikus yang ditangkap ini tidak diuangkan dengan Rp 20.000 per ekor.

Sebab, kegiatan kali ini lebih ditujukan bagi perangkat kelurahan, termasuk petugas PPSU, sedangkan keterlibatan warga hanya sekadar mengisi waktu kegiatan siskamling di wilayah mereka. 

"Kami enggak targetin berapa tikus yang harus ditangkap, semaksimal mungkin saja. Enggak dibayar Rp 20.000 karena tikus hasil tangkapan dari jajaran kelurahan, sebelumnya sudah diumumkan enggak ada pemberian uang," kata Aroman.

Selain itu, kegiatan pemberantasan hama tikus ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bahwa tikus selain identik dengan kekumuhan, juga pembawa penyakit berbahaya seperti leptospirosi (penyakit kencing tikus) dan pes.

"Untuk kepentingan masyarakat juga, dengan adanya kegiatan ini, yang enggak tahu kan bertanya-tanya tujuan dan manfaatnya apa. Jadi ada kesadaran masyarakat untuk membasmi tikus menghindari penyakit. Kami sifatnya memotivasi dan mengedukasi," ujar Aroman.


Tikus-tikus itu dimusnahkan dengan teknik fumigasi, yaitu dengan memasukan tiran belerang yang dibakar ke dalam drum berisi tikus hasil tangkapan. Asap yang ditimbulkan dapat merusak pernafasan tikus.
SHARE ARTIKEL