Cerita Menyentuh Hati Rukunnya Umat Islam dan Kristen Palestina

Penulis Penulis | Ditayangkan 07 Dec 2016

Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Taher Hamad, menceritakan kerukunan yang menyentuh hati yang ditunjukkan umat Islam dan Kristen di negaranya. Harmonisnya kehidupan dua umat beragama di Palestina ini sudah terjalin ribuan tahun.

Cerita Menyentuh Hati Rukunnya Umat Islam dan Kristen Palestina

Menurut cerita Hamad, umat Kristiani membagikan minuman untuk berbuka puasa umat Muslim selama Ramadan. Umat Kristiani, lanjut dia, juga kerap membangunkan umat Muslim untuk santap sahur.

Seperti yang dilansir dari sindonews.com"Warga Muslim dan Kristen di Palestina hidup secara harmonis, mereka hidup saling berdampingan. Pada saat bulan puasa (Ramadan), ketika sedang terjadi kemacetan para pastur dan stafnya turun ke jalan untuk memberikan air minum dan kurma pada umat Muslim untuk buka puasa," kata Hamad.

Jangan Lewatkan : Diejek Hanya Bisa Hidup Hanya Melihat Sampah, Petugas Kebersihan Ini Ketiban Rezeki yang Tak Terduga

"Di kota-kota tua seperti Nablus dan Yerusalem, yang membangunkan sahur saat bulan Ramadan adalah para umat Kristiani. Ini adalah budaya kami," ujarnya, di kantor Kedutaan Besar Palestina di Jakarta.

Hamad berharap harmoni antarumat beragama yang berlangsung di Palestina dapat diikuti oleh semua orang dari semua tempat di dunia.

Dia juga mengutip Alquran Surat Al-Maidah ayat 82 yang  berisi tentang hubungan baik antara umat Islam dan Kristen.

"sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata:

'Sesungguhnya kami ini orang Nasrani'. Hal itu disebabkan karena di antara mereka itu terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri," bunyi dalil Alquran yang dikutip Hamad.

SHARE ARTIKEL