177 Negara dalam PBB, Dukung Kemerdekaan untuk Palestina

Komentar

Majelis Umum PBB

Majelis Umum PBB pada Senin (19/12/16) telah mengesahkan resolusi berjudul ”Hak Bangsa Palestina Untuk Menetukan Nasibnya Sendiri”. Resolusi tersebut didukung 177 negara.

Dilansir Maannews.com diteruskan islampos, PBB akhirnya menetapkan bahwa bangsa Palestina berhak untuk memiliki negaranya sendiri. PBB juga mengajak seluruh negara anggota PBB termasuk Badan PBB untuk memberikan dukungannya terhadap Palestina.

Isi dari resolusi tersebut adalah, PBB menuntut Israel agar menghentikan pendudukan yang telah dimulai sejak 1967, juga merealisasikan perjanjian damai yang bersifat adil dan menyeluruh. Israel juga dituntuk untuk menghormati keputusan PBB dan inisiatif perdamaian negara-negara Arab dan solusi dari Kuartet Timur Tengah demi menyelesaikan konflik dengan solusi dua negara.

Baca Juga: Surat Dari IHH Turki yang Berharap Tindakan Nyata dari IHR Indonesia

Dibuatnya resolusi tersebut merujuk atas keputusan Mahkamah Internasional pada tanggal 9 Juli 2004. Bunyi dari keputusan itu adalah, tindakan Israel yang memperkuat pemerintahannya di tanah Palestina dapat menjadi penggalan bagi bangsa Palestina untuk menentukan nasibnya.

Dilaporkan sebanyak 177 negara telah menyetujui resolusi tersebut, sedangkan 7 negara menolak dan 4 lainnya abstain.

Baca Juga: 15 Fakta Mengagumkan Mengenai Erdogan dan Turki

Riyad Mansur, Delegasi Palestina untuk PBB menyatakan, masyarakat dunia melalui keputusan ini telah mengakui Palestina sebagai bangsa merdeka yang berhak menentukan nasibnya dan Israel telah gagal merubah fakta ini.
Top