Yuk, Lindungi Rumah Kita dari Jamur dan Lumut, Agar Tetap Cantik dan Nyaman

Jamur pada dinding memang tidak diduga datangnya. Namun, sebenarnya jamur ini berasal dari spora yang dibawa oleh angin dan kemudian tumbuh di dalam ruangan yang lembab dan berkembang biak di dinding ruangan tersebut.

Yuk, Lindungi Rumah Kita dari Jamur dan Lumut, Agar Tetap Cantik dan Nyaman
Tips mencegah jamur dan lumut di rumah


Cukup mudah memang membersihkannya, tapi lebih baik lagi kalau kita mencegahnya datang. Referensi Rumah punya nih, Tips agar jamur dan lumut tidak tumbuh di tembok rumah kita.


  1. Beli produk-produk khusus untuk menghambat pertumbuhan jamur dan lumut tembok. Semprotan antimikroba mencegah spora jamur hinggap di dinding.  
  2. Pilihlah cat tembok anti air dan jamur yang memiliki keuntungan ganda. Pertama, bahan dasarnya yang anti air memungkinkannya dicuci atau dilap memakai kain basah. Kedua, karena air yang merembes ke dalam tembok sangat minimal, dinding pun selalu kering sehingga jamur enggan tumbuh. Hal ini juga berlaku pada cat tembok anti lumut. 
  3. Gunakan alat dehumidifier untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan yang sangat rawan terhadap jamur dan lumut tembok. Alat ini bisa menjadi langkah pencegahan jangka panjang. 
  4. Perbaiki talang saluran cucuran air dari genteng. Pastikan lapisan talang tidak bocor, ganti atau perbaiki jika rusak, dan bersihkan kotoran agar tidan menyumbat aliran air, termasuk pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah. 
  5. Pelihara agar kamar mandi, dapur, dan lokasi-lokasi lembap lain memiliki sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering. 
  6. Keringkan handuk dan tirai kamar mandi. 
  7. Tangani kebocoran pada pipa air sesegera mungkin, terutama jika pipa berada di dekat atau ditanam di dalam tembok. 

Mudah kan, intinya adalah kurangi lah kelembaban di ruangan kita dan sering-sering membersihkan ruangan yang rawan jamur atau lembab, agar lumut dan jamur tidak bisa tumbuh di dalamnya.. Semoga bermanfaat.
loading...
Top