Waspada, Dokter Peringatkan Bahaya Obat Umum yang Beredar di Pasar Punya Efek Sebagai Penghancur Hati



Kondisi dimana fungsi organ hati berhenti, dikenal sebagai gagal hati akut. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu, dan paling sering terjadi pada orang yang tidak pernah mengalami masalah apapun dengan organ hati mereka sebelumnya.

BACA JUGA : Ngeri! Fenomena Berbahaya yang Dianggap Biasa Dijalan Raya Indonesia

Namun, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti peningkatan tekanan dalam otak dan pendarahan yang berlebihan. Ternyata, penyebab utama dari kondisi ini adalah overdosis obat yang ditemukan di hampir setiap rumah.

Obat ini digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Bahkan, obat ini telah menyebabkan lebih dari 2600 orang masuk rumah sakit, 56.000 masuk UGD, dan sekitar 460 kematian setiap tahunnya.

Bahkan, meski dikonsumsi dalam dosis rendah, konsumsi jangka panjang obat ini memiliki efek merugikan untuk kesehatan. Lalu, obat apakah yang dimaksud? Ya, obat tersebut adalah acetaminophen.

Sebagian besar kasus overdosis acetaminophen, merupakan hasil dari penggunaan lebih dari satu obat pada waktu bersamaan, misalnya konsumsi obat penghilang rasa sakit dan obat flu, yang keduanya diketahui mengandung acetaminophen.

Acetaminophen sangat beracun untuk organ hati Anda. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, asupan obat ini dapat menyebabkan kerusakan hati.

Penelitian ini melibatkan 145 sukarelawan sehat, yang dibagi dalam 3 kelompok. Para peserta dalam kelompok pertama, menerima kombinasi acetaminophen / opioid, kelompok kedua hanya acetaminophen saja, dan kelompok ketiga diberikan plasebo. Setiap individu hanya diberi acetaminophen sesuai dosis yang disarankan.

Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu dan menemukan bahwa dua kelompok yang menerima acetaminophen, memiliki peningkatan enzim hati krusial antara 31-44 persen, yang berarti obat ini dapat menimbulkan kerusakan hati. Setelah mengonsumsinya, tubuh dengan cepat akan menghabiskan glutathione, yaitu antioksidan penting, yang kemudian akan menyebabkan stres pada organ hati, yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan hati akut.

Acetaminophen merupakan salah satu obat yang paling berbahaya. Obat ini menjadi penyebab utama panggilan ke Poison Control Centers di seluruh Amerika Serikat, dan menjadi lebih konkret dengan lebih dari 100.000 kasus per tahun.

Hal yang lebih memprihatinkan adalah, banyak obat rumahan yang mengandung bahan berbahaya ini, seperti pil untuk meringankan nyeri sendi dan otot, sakit punggung, atau migrain.

Kami sangat menyarankan agar Anda mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa obat alternatif yang lebih alami daripada obat-obatan yang mengandung acetaminophen, yang diketahui telah menjadi penyebab gagal hati akut di Amerika Serikat.
Top