Wajib Tau, Jangan Simpan Tomat Dalam Lemari Pendingin. Ini Penjelasanya



Mungkin terlihat praktis untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran di lemari es. Tapi ada satu jenis sayuran yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari es Anda.


Seperti dilansir dari News, melalui sebuah studi, para peneliti di University of Florida, AS, menemukan bahwa menyimpan tomat di dalam lemari es, biasanya akan melemahkan rasanya, bahkan benar-benar menghilangkan rasa dan khasiatnya.

BACA JUGA : Teror Bom Samarinda, Residivis Terorisme di Masyarakat Sangat Perlu Untuk Ditingkatkan

Studi yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences itu menunjukkan bahwa mendinginkan tomat dapat menyebabkan proses sintesis volatile dan perubahan sementara dalam metilasi DNA. Artinya, ketika tomat dibawa kembali ke suhu ruangan, gen yang menciptakan cita rasa tomat seperti telah “dimatikan”.

Penulis utama studi tersebut, Harry Klee, membandingkannya dengan simfoni di mana biola dan woodwinds dimainkan. "Anda masih mendengar kebisingan, tapi suaranya tidak sama."

Perlu diketahui bahwa cita rasa tomat yang lezat terdiri dari campuran kompleks asam, gula, dan bahan kimia yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap. Dan untuk menciptakan cita rasa seperti itu, diperlukan keseimbangan yang tepat dari kandungan senyawa-senyawa di dalamnya.

Dalam studi tadi, tim Klee menyimpan tomat dan beberapa bahan lainnya selama seminggu di tempat dingin. Yang terjadi kemudian tomat menjadi "syok" saat berada di tempat dingin, dan bahkan setelah sehari penuh kembali berada di suhu ruangan, kelezatan gastronomis dari segi rasa tomat tak lagi dapat dirasakan.
loading...
Top