Viral! Mobil Mati Mendadak di Rel Kereta Berhasil Lolos Gara-Gara Pengemudi Lakukan Hal ini


Ilustrasi mobil mati mendadak di pelintasan rel kereta api

Siapa yang tidak panik ketika tiba-tiba kendaraan yang sedang ditumpangi mendadak mati di perlintasan rel kereta api?  Coba bayangkan ketika kamu sedang berkendara menggunakan mobil atau sepeda motor dan melintas di rel kereta api, lalu tiba-tiba kendaraanmu mogok tepat ditengah-tengahnya.

Kereta api bisa saja tiba-tiba melaju dengan kecepatan tinggi ke arahmu sementara kamu masih berkutat dengan kendaraanmu yang mogok.

Dikutip dari tribunnews, pengalaman mengerikan itu tampaknya baru saja dialami oleh seorang pengguna Facebook yang kemudian diceritakan dalam grup bernama Racing Republic. Cerita tersebut kemudian diunggah oleh akun Instagram @jogja.

Baca Juga: Ramai di Medsos, Botol Air Mineral Dikira Miras

Menurut cerita tersebut, rel kereta api ternyata bisa menghantarkan listrik dan magnet yang sangat tinggi yang bisa membuat mesin kendaraan baik mobil atau motor tiba-tiba mogok ketika lewat diatasnya.

Maka kejadian kendaraan mendadak mogok di perlintasan kereta api ini bisa terjadi kepada siapa saja. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita mengalaminya?

Berikut adalah cerita yang dituturkan oleh Facebook Racing Republic melalui Instagram @jogja :

Kali ini kita akan belajar dari pengalaman seseorang yang dishare melalui jejaring sosial.
Barusan jam 7 pagi tadi. saya berangkat kerja seperti biasa menuju ke arah roxy melewati kolong jembatan yang baru dan juga rel perlintasan kereta api.

Ketika mobil saya sedang pas diatas rel kereta api, tiba-tiba saja mesin mobil mati, dan pada pas itu ada kereta api yang akan lewat.

Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, namun masih jauh.
Saya pun teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya.

Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan.
Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh…

mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, “keluar…keluar. ..keluar !!” .

Akhirnya selamat…! Berdasarkan pengalaman tersebut, saya pun juga ikut mencoba membunyikan klakson, Saya bunyikan klakson terus.
Eh…tiba-tiba tape mobil saya menyala.

Dan mobil saya pun berhasil distarter.
Antara percaya dan tidak, saya juga masih heran kok bisa ya nyala sendiri ???
Karena penasaran, saya pun mencari tau..

Mengapa mesin kendaraan bisa mati mendadak ketika melintasi rel kereta api?
Dan kenapa bisa hidup kembali setelah membunyikan klakson? ini penjelasan ilmiahnya?

Ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam,
bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/1 menit, berapa medan magnet yg di simpan rel itu…?

dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak.. jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.

Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.
Semoga Bermanfaat. 
(sumber : Racing Republic/Facebook)


Tekan klakson terus menerus

Pengalaman yang diceritakan melalui media sosial tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi pengguna jalan lainnya. Tak heran jika cerita tersebut menjadi viral dan sudah dibagikan sebanyak 8000 kali lebih.

Netizen banyak pula yang mengucapkan terima kasih karena telah menyebarkan informasi berguna tersebut.

Berikut adalah beberapa komentar dari netizen :

"Good information. Mudah2an bermanfaat dan dpt mngurangi kecelakaan di perlintasan kereta api."

"Bener2 info dan ilmu yg bermanfaat....Thanks pak infonya."

"1000 jiwa tertolong amin."

"Yes kakak ipar pernah mengalami,tp manual d dorong rame2 karena g tau.thanks informasi nya.."

"Tapi tetap harus di tes lagi. Itu work atau gak. Soalnya takut kalau ada orang malah fokus ke klakson dan ga sempat lari. Tpi tdak berfungsi seperti di atas. Hehe."

Namun tentu saja, kita tetap harus berhati-hati ketika sedang melewati rel perlintasan kereta api.

loading...
Top