Tuduhan Provokasi, Inilah Alesan Kader HMI DIbebaskan



Polda Metro Jaya sudah membebaskan empat kader organisasi Himpunan Mahasiswa Islam, yang ditahan usai ditangkap, karena terlibat dalam bentrokan di depan Istana Negara, setelah berlangsungnya unjuk rasa damai 411.

BACA JUGA : Warga Malang, Waspadai Hoax Yang Mulai Berdar di Area Malang

Empat kader HMI itu, tidak dibebaskan begitu saja, mereka bisa menghirup udara kebebasan, setelah PB HMI mengajukan penangguhan penahanan.

Ketua PB HMI, Mulyadi P Tamsir mengatakan, Kepolisian mau memenuhi penangguhan penahanan, bukan tanpa alasan yang pasti.

Dalam pengajuan penahanan itu, PB HMI menyatakan, alasan utamanya ialah, empat kader masih berstatus mahasiswa dan mereka harus mengikuti aktivitas kuliah. Apalagi, mereka juga akan mengikuti ujian.

"Terkait penangguhan penahanan, kan kemarin kami sebenarnya mau ajukan praperadilan, tapi
kebutuhan teman-teman mau kuliah dan ada yang mau ujian mereka minta kepada kami selaku pihak organinasi untuk minta penangguhan penahanan saja. Mau tidak mau, karena kebutuhan mereka dan kebutuhan untuk kuliah, tidak mungkin juga tidak kami usahakan," kata Mulyadi.

Empat kader HMI itu ditangkap di sejumlah lokasi berbeda di Jakarta, sehari setelah aksi damai 411 dinodai kericuhan. Mereka lalu ditahan dengan tuduhan provokasi.
loading...
Top