TomTato, Tanaman Unik Yang Mampu Hasilkan Buah Tomat dan Kentang Dalam Satu Pohon


Sebuah tanaman dari Inggris ini termasuk tanaman yang begitu unik. Jika pada umumnya satu jenis pohon menghasilkan satu jenis buah, berbeda dengan tanaman berikut, pohon buah tomat ini mampu memproduksi tomat dan kentang dalam satu batang. Tanaman jenis ini diberi nama TomTato, yang mana sudah banyak dibudidayakan di Inggris.

Perusahaan hortikultura Thompsonand Morgan yang berbasis di Ipswich-lah pencetusnya. Uniknya lagi, baik buah dan sayuran dapat dipanen dalam waktu bersamaan.

BACA JUGA : Mengagumkan, Pindahkan Pohon Tanpa Harus Menebang, Lihat Disini

Tanaman serupa telah diproduksi di Inggris sebelumnya. Tetapi perusahaan mengatakan ini adalah yang pertama kalinya mereka memproduksi TomTato dengan skala besar.

Guy Barter dari Royal HorticulturalSociety / RHS mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan keunikan tanaman tersebut. Barter menambahkan, tanaman tersebut dibuat dengan teknik grafiting.

Dikutip dari Money.id,  Barter mengungkapkan, "Kami sangat tertarik dengan tanaman itu. TomTato bisa menjadi tanaman yang sangat berharga".



"Dulu kami tidak yakin dengan masa depan tanaman tersebut. Tapi teknik grafting telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir."

Direktur Thompsonand Morgan Paul Hansord mengklaim, rasa tomatnya lebih enak daripada kebanyakan tomat yang dijual. Untuk menciptakan tanaman itu perusahaan membutuhkan waktu satu dekade.

"Sangat sulit dicapai karena batang tomat dan batang kentang harus memiliki ketebalan yang sama agar grafting bisa bekerja," paparnya.
Top