Tips Menanam Dengan Cara Unik, Dengan Metode Tanaman Terbalik!

Tumbuhan hidup dengan cara menyerap unsur hara di dalam tanah seperti air. Untuk bisa menanamnya di dalam ruangan, biasanya kita menggunakan pot sebagai media tanamnya. Tapi, baru-baru ini mucul tren baru ketika menanam tanaman yaitu tanaman terbalik.



Tanaman terbalik adalah posisi pot yang digantung terbalik kemudian pohon tumbuh dibawahnya. Metode ini biasa disebut upside-down methods karena cara menanamnya yang terbalik. Metode menanam ini banyak di minati sebab bentuknya yang unik dan jarang di temui di rumah lain. Bagi anda yang tertarik, telah kami siapkan bagaimana cara menanamnya yang telah kita rangkum dari majalahasri.



Umumnya, metode ini digunakan untuk menanam tomat dan timun. Hal ini didasari oleh gaya gravitasi yang biasanya melawan perkembangan tomat. Dengan ditanam menjuntai ke bawah, diharapkan dapat memacu pertumbuhannya. Menanam dengan cara seperti ini juga mendatangkan keunggulan lain, misal tanaman lebih lembab karena air mencapai daun dengan lebih cepat.

Selain itu, membuat tanaman secara alami akan tumbuh menghadap matahari. Metode ini pun membuat perawatan, seperti aktivitas melihat, memantau, atau memangkas tumbuhan menjadi lebih mudah.

Lalu, bagaimana caranya tumbuhan bisa menjulur dari bawah? Caranya ialah dengan melubangi bagian bawah wadah tanaman. Di luar negeri sudah dijual media khusus untuk menanam dengan metode seperti ini sehingga tidak perlu lagi melubangi pot. Namun,sebenarnya menggunakan metode ini tidak perlu dengan cara yang sulit. Anda juga bisa menggunakan botol bekas atau pot biasa yang sudah ada.



Untuk botol, potong menjadi dua dan gunakan bagian atas yang memiliki tutup. Sementara untuk pot yang belum berlubang, lubangi bagian bawahnya. Tidak perlu besar dan sesuaikan dengan ukuran tumbuhan. Masukkan tumbuhan ke dalam wadah dengan cara terbalik dan kemudian keluarkan dedaunannya melalui lubang. Dengan kata lain, akar tumbuhan berada di dalam pot. Setelahnya, Anda bisa menambahkan tanah atau media tanam lain di atasnya.



Untuk tumbuhan, pilih yang masih kecil sehingga tidak sulit untuk mengeluarkan batang atau dedaunannya melalui lubang. Namun, bila ingin memindahkan tanaman yang sudah cukup besar, berhati-hatilah agar daun dan akar tumbuhan tidak rusak. Kemudian, gantung tumbuhan dan tonjolkan metode upside down yang digunakan. Perhatikan pula material dan daya tahan gantungan, tali, atau cantelan yang dipasang. Tumbuhan pun siap mempercantik tampilan rumah!


Mudah kan.. agar tanaman anda tidak mati, jangan lupa untuk selalu menyiraminya ya.. Semoga bermanfaat.

loading...
Top