Subhanallah, Banyakanya Manfaat Dari Buah Semangka, Tapi Inilah Alasan Kenapa Rosulullah Sering Makan Semangka



Buah segar termasuk satu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari, karena manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Berbicara tentang masalah buah, ternyata Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam juga memiliki kebiasaan mengonsumsi buah loh. Selain kurma, ternyata ada salah satu buah yang sering dikonsumsi Rasulullah, yakni Semangka.

BACA JUGA : Inilah Daftar Maskapai Terbaik Dunia, Qatar Airways Masih Menjadi Favorit Diposisi Pertama

Hem, pasti Anda tidak menyangka jika buah berwarna merah yang kaya air ini termasuk satu buah yang difavoritkan Rasulullah. Kira-kira apa alasannya sehingga Beliau mau mengonsumsi buah semangka? Agar lebih jelasnya, simak langsung kelanjutan dalam artikel ini ya…

Hadits yang menyebutkan bahwa Rasululah sering makan semangka

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843)
Ada juga dalam hadits berikut, yang artinya :
“Kami memecah panasnya ini (kurma muda) dengan dinginnya ini (semangka) dan dinginnya ini (semangka) dengan panasnya ini (kurma muda).” (Sunan Abu Dawud; dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Alasan Mengapa Rasulullah suka semangka?

Bukan tanpa alasan, mengapa Rasuullah menyukai buah yang kaya air ini. Karena ternyata dalam buah semangka terdapat beberapa keistimewaan yang
dapat menguntungkan kesehatan tubuh kita, diantaranya :
Sifat semangka yang dingin sehingga menennagkan system pencernaan

Buah semangka memiliki sifat dingin sehingga bagus dikonsumsi sebelum makan. Namun jangan berlebihan, karena kandungan lycopennya dapat sebabkan perut kembung, mual atau muntah.

Menjaga kesehatan ginjal

Semangka mengandung kadar air tinggi dan memiliki sifat diuretik sehingga ampuh melancarkan air seni. Dengan lancarnya air seni, secara otomatis dapat membuang racun yang mengendap dalam organ ginjal sehingga kesehatannya lebih terjaga.

Menurunkan Tekanan Darah

Semangka mengandung L-citrulline yang bermanfaat membantu merilekskan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Mencegah Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat sebabkan dehidrasi. Selain minum air putih, Anda bisa mencegah dehidrasi  dengan mengonsumsi buah semangka.

Menangkal Kanker

Semangka mengandung Vitamin C dan lycopene yang ampuh membantu melindungi serangan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Menurunkan risiko penyakit stroke

Dalam buah semangka mengandung karetenoid dan kalium yang ampuh membantu mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri dan vena yang meningkatkan risiko hipertensi dan stroke.

Melancarkan buang air besar

Semangka mengandung air dan serat alami yang bermanfaat melancarkan system pencernaan sehingga masalah sembelit atau susah buang air besar dapat teratasi.
Setelah memahami besarnya manfaat buah semangka, masihkah kita tidak tergerak untuk ikut meneladani kebiasaan Rasulullah tersebut. Semoga bermanfaat!
Top