Resep Pendamping Asi untuk Bayi yang Mudah dan Pastinya Sehat untuk Si Kecil!


Waktu yang tepat untuk memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah saat bayi berusia 6 bulan. WHO juga merekomendasikan makanan yang diberikan harus memadai dengan porsi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi pada usia tersebut.

Baca juga : Hot Tips! Inilah Beberapa Doa Mustajab Untuk Para Ibu yang Ingin Mendoakan Anaknya

WHO menyarankan makanan pendamping ASI yang diberikan harus memiliki kandungan energi, protein, dan mikronutrien yang proporsional. Hal tersebut penting bagi bayi yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Selain itu, penyajian makanan seyogyanya dilakukan dengan cara yang higienis untuk meminimalkan risiko terkontaminasi bakteri dan kotoran.

Mungkin banyak orang tua yang bingung menentukan menu apa yang pas diberikan sebagai makanan pendamping ASI. Beberapa resep bubur susu untuk bayi berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk para ibu. Selamat mencoba

1. Bubur susu apel manis


Buah yang rasanya lezat dan juga memiliki tekstur yang halus. Buah apel ini diperuntukan bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan atau di atasnya. Ada banyak kandungan gizi pada buah apel, diantaranya adalah vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga magnesium.

2. Bubur susu jagung melon


Satu tongkol jagung rebus ukuran sedang mengandung sekitar 2.5 gram serat yang diperlukan agar pencernaan si kecil sehat dan terhindar dari gejala-gejala sembelit. Sedangkan pada buah melon terdapat kandungan gula alami yang  sangat bagus untuk bayi dan berfungsi untuk memberi tenaga dengan gula alami.

3. Bubur susu buah campur


Nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi adalah vitamin dan juga mineral. Di mana bayi 6 bulan pasti akan membutuhkan vitamin A, B, E, D, K dan juga C. Di mana asupan vitamin tersebut bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

4. Bubur susu beras merah brokoli


Baca juga : Kostum Unik Anak Menyambut Musim Panas, Buah Semangka Utuh Pun Bisa Jadi Keren!

Sayur merupakan sumber gizi alami yang mudah didapatkan serta harganya cukup terjangkau. Sayur yang memiliki warna hijau tua memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan si Kecil, seperti brokoli. Kandungan gizi di dalamnya akan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil.

5. Bubur susu labu kuning


Labu kuning yang biasa disebut waluh ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk bayi. Selain lezat makanan ini juga kayak akan nutrisi. Beberapa diantaranya yaitu beta karoten, kalori, protein, serta lemak. Disamping itu Labu kuning juga kaya zat mineral, ada kalsium, fosfor, zat besi juga karbohidrat tentunya.

6. Bubur susu kentang


Kandungan karbohidrat pada kentang membuatnya menjadi sumber energi yang baik, bahkan untuk bayi. Namun karena kandungan kalorinya yang tinggi, ada baiknya memberikan kentang pada anak pada usia 7-10 bulan.

7. Bubur susu roti tawar


Sebaiknya memilih roti dengan kadar serat lebih tinggi, namun alangkah baiknya porsi roti tidak berlebihan agar anak tidak menjadi obesitas.

Top