Perhatikan Jembatan Ini, Yakin Gak Mau Selfie Disini?


Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jembatan. Jembatan dipergunakan sebagai  sarana penghubung dua tempat yang dipisahkan oleh sungai, selat, jurang dan sebagainya. Selain itu, didalam perkotaan biasanya juga sering dibangun jembatan diatas jalan atau biasa disebut overpass/playover untuk mengurai arus kendaraan dan meningkatkan efesiensi dalam berkendara.

Akan tetapi dibalik kegunaan jembatan yang ada saat ini, ternyata ada juga jembatan-jembatan yang menakjubkan di dunia yang pastinya bisa bikin terpana. Ingin tahu selengkapnya? Langsung saja cek disini.

1. Dragon Bridge, Vietnam


Pemerintah Vietnam membangun sebuah jembatan berbentuk naga untuk memperingati 38 tahun pembebasan Da Nang. Jembatan itu terbesar di dunia yang terletak diatas sungai Han. jembatan baja ini pun di hiasi oleh lebih dari 2500 lampu LED dan dapat menyemburkan api.

Konstruksi jembatan naga dengan panjang 545 kaki ini dimulai pada tahun 2009. Setelah empat tahun kemudian, tepatnya tahun 2013 jembatan ini telah selesai dibangun, dengan biaya sebesar $85 juta dolar Amerika. Jembatan ini merupakan jembatan yang cukup unik karena selain memiliki tata cahaya yang indah ketika malam hari dan dapat menyemburkan api, jembatan ini mampu menyemprotkan air ke udara.


2. Charles Bridge, Republik Ceko


Jembatan Charles ini merupakan ikon kota Prague yang mulai dibangun dari kayu sejak abad ke-10 dan kemudian direnovasi di bawah perintah Charles ke-IV di abad ke-14. Di sepanjang tangan jembatan Karl terlihat banyak patung dan tentu saja banyak turis terlihat berkerumun di setiap patung. Jembatan ini tidak dilalui kendaraan bermotor dan berbatu khas jalanan tua Abad Pertengahan, membuat para turis dapat dengan nyaman menikmati dari satu patung  ke patung lainnya.

3. Kapellbrucke, Swiss


Berlokasi di Kota Luzern, yaitu ibu kota Kanton Luzern dan pusat distrik Luzern di Swiss, Jembatan Kapel berada di kota terpadat di Swiss bagian tengah dengan jumlah penduduk kurang lebih 57.890 jiwa. Berada dekat dengan Danau Luzern serta pemandangan Gunung Pilatus dan Rigi yang menjadi bagian dari Pegunungan Alpen, Kota Luzern identik dengan keindahan Jembatan Kapelnya yang khas. Jembatan Kapel sendiri terbuat dari kayu dan merupakan peninggalan abad ke-14. Jadi, tidak hanya indah, Jembatan Kapel memiliki nilai sejarah yang tinggi.

4. Tower Bridge, Inggris


Tower Bridge dibangun tahun 1886–1894 untuk menyeberangi Sungai Thames. Jembatan ini diresmikan 30 Juni 1894, umurnya sudah 122 tahun sekarang. Ciri khasnya adalah 2 menara kembar yang ada di tengah jembatannya. Jembatan sepanjang 244 meter ini adalah gabungan jembatan biasa dari tepi sungai sampai ke masing-masing menara. Sementara di antara kedua menara setinggi 65 meter ini ada jembatan yang bisa diangkat agar kapal besar di Sungai Thames bisa lewat.

5. Golden Gate Bridge, Amerika


Sejak selesai dibangun pada tahun 1937 – selama 37 tahun berikutnya jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Golden Gate sendiri adalah hasil dari proyek raksasa yang dicanangkan oleh Franklin Delano Roosevelt untuk mengatasi pengangguran dan merangsang ekonomi Amerika pasca Great Depression. Proyek jembatan Golden Gate memakan biaya USD 27 Juta Dollar dan berlangsung selama 4 tahun. Panjang jembatan Golden Gate adalah hampir 2 km.
Top